Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Perempuan Ditangkap Jika Kedapatan Mengemudi
Oleh : M46
Kamis | 30-06-2011 | 13:35 WIB
arab.jpg Honda-Batam

Wanita arab saat berkendara

Jeddah, batamtoday - Arab Saudi adalah satu-satunya negara di Dunia yang menerapkan larangan mengemudi bagi perempuan. Kebijakan kontroversial ini tetap diberlakukan, meski desakan dari sejumlah aktivis terus mewarnai media massa setempat.

Dihimpun batamtoday dari laman Arab News, Kamis, 30 Juni 2011, sejumlah aktivis mendesak  Ketua Dewan Penasihat kerajaan, Syaikh Abdullah Bin Mohammad Al Syaikh,untuk memulai diskusi tentang hak perempuan Saudi mendapatkan lisensi mengemudi.

"Karena ada banyak perempuan Saudi yang menyetir di negara-negara lain, mereka harus diizinkan melakukan hal yang sama di negara mereka sendiri," tulis media tersebut.

Media lain melaporkan, puluhan perempuan ditangkap saat kedapatan mengemudi selama beberapa minggu terakhir. Kebijakan larangan mengemudi tersebut mulai menjadi perbincangan media internasional sejak penangkapan salah satu aktivis perempuan, Manal Al-Sharif yang mengendarai mobil di Alkhobar pada 21 Mei lalu.

"Tujuh perempuan lain juga telah ditangkap sejak saat itu. Dan ini yang membuat reaksi dari berbagai pihak untuk menentang kebijakan larangan mengemudi bagi perempuan," tulis media Al-Yawm