Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Belasan TKIB dan Satu Bayi Dipulangkan dari Malaysia Lewat Batam
Oleh : Romi Chandra
Jum'at | 06-03-2015 | 12:57 WIB
tkib pbc.jpg Honda-Batam
Para TKI bermasalah yang dideportasi dari Malaysia melalui Batam. (Foto: Romi/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sebanyak 15 orang warga Indonesia yang terdiri dari 14 Tenaga Kerja Indonesia Bermasalah (TKIB) dan satu bayi dipulangkan dari Malaysia dan tiba di Batam melalui Pelabuhan Internasional Batam Center, Jumat (6/3/2015) siang.

Pantauan di pelabuhan tersebut, para TKI tersebut tiba sekitar pukul 11.30 WIB yang sudah diunggu satuan tugas Bidang TKI Kementerian Sosial, dan langsung dibawa menuju shelter milik Dinas Sosial Kota Batam di Sekupang.

Pendamping TKI dari Kementerian Sosial, Febrina, mengatakan, 14 orang tenaga kerja tersebut dipulangkan atau di deportasi karena bermasalah, seperti tidak memiliki paspor atau masuk secara ilegal. "Masalahnya macam-macam, mas," kata Febrina di pelabuhan, Jumat siang.

Sementara itu, satu bayi tersebut merupakan anak dari salah satu TKIB yang dilahirkan di Malaysia, tempat ia bekerja. "Mereka kita bawa ke selter untuk sementara, dan kemudian akan dipulangkan ke daerah masing-masing. Kebanyakan dari Jawa," jelas Febrina.

Sementara itu, pewarta juga belum mendapatkan keterangan dari para tenaga kerja yang dipulangkan. Pasalnya, mereka langsung dibawa ke mobil Dinsos dan langsung dibawa.

Editor: Dodo