Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Disnaker Bakal Serahkan Pengelolaan Bus Pekerja ke Dishub Batam
Oleh : Irwan Hirzal
Kamis | 05-03-2015 | 12:30 WIB
penyerahan_bus_pekerja_bbk.jpg Honda-Batam
Penyerahan bantuan bus bekerja untuk wilayah Batam, Bintan dan Karimun beberapa waktu lalu.

BATAMTODAY.COM, Batam - Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Batam, bakal menyerahkan sepenuhnya pengelolaan 35 bus pekerja hibah dari Provinsi Kepulauan Riau, kepada Dinas Perhubungan (Dishub).

Hal itu disampaikan oleh Zarefriadi, Kepala Disnaker Batam dengan pertimbangan Dishub lebih mengerti dan paham masalah pengelola trasportasi. 
"Kalau Disnaker yang mengelola, butuh waktu lama untuk melakukan kajian," kata Zarefriadi belum lama ini.

Menurutnya kalau pengelolaan bus pekerja itu diserahkan pengelolaannya ke Dishub, akan dapat langsung dirasakan manfaatnya oleh kalangan pekerja. Sementara, jika Disnaker yang mengelola, kemungkinan baru 2016 mendatang baru dioperasikan.

Zaref mengaku telah berkoordinasi dengan Dishub soal ini termasuk trayek dari bus pekerja tersebut yang rencananya juga akan dapat dinikmati masyarakat umum.

"Kalau pekerja yang paling membutuhkan bus tersebut di daerah Bengkong menuju Tanjunguncang. Begitu juga dengan sebaliknya," ujarnya.

Sedangkan mengenai operasional, Zaref menyarankan pekerja tetap dikenakan biaya namun tak sebesar transportasi umum. Hal itu dikarenakan pekerja sendiri dari perusahan masing-masing sudah diberikan tunjangan trasportasi. 

Sementara untuk rute bus pekerja, Zaref mengaku masih dalam pembahasan dalam waktu dekat ini pihaknya juga akan mengundang serikat pekerja.

"Kan serikat pekerja yang lebih tau mana yang paling dibutuhkan. Makanya kita dalam waktu dekat akan undang mereka. Karena pemerintah tidak bisa memutuskan begitu saja," pungkasnya.

Editor: Dodo