Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Masyarakat Harus Siap Hadapi Pasar Bebas Asean
Oleh : Roni Ginting
Selasa | 03-03-2015 | 16:25 WIB
Soerya_Respationo.jpg Honda-Batam
Wakil Gubernur Kepri, Soerya Respationo.

BATAMTODAY.COM, Batam - Wakil Gubernur Kepri, Soerya Respationo menegaskan, masyarakat Kepri harus siap dalam menghadapi Asean Free Trade Asociation (AFTA) 2015. Hal itu disampaikan dalam seminar "Menakar SDM Kepri Dalam Masyarakat Ekonomi ASEAN" yang digelar di PIH Hotel Batam Centre, Selasa (3/3/2015).

Wakil Gubernur Soerya Respationo dalam sambutannya menjelaskan, mengutip dari ajaran Proklamator Bung Karno tentang Trisakti, salah satunya harus berdikari dalam bidang ekonomi. Dimana pembentukan masyarakat ekonomi Asean merupakan salah satu dampak dari globalisasi.

"Dan globalisasi merupakan sesuatu yang tidak bisa dihindari," kata Soerya.

Dalam pelaksanaan AFTA dan juga MEA nantinya, akan ada kurang lebih 10 negara Asia Tenggara yang akan berintegrasi dalam suatu kawasan ekonomi ekslusif yang menciptakan akses pasar antar negara yang lebih luas.

"Karenanya kita harus siap untuk menghadapinya," ujar Soerya.

Sementara itu Direktur Lembaga Studi Kawasan Ekonomi Perbatasan, Suprapto dalam sambutannya menjelaskan, seminar ini memang program yang sudah lama diagendakan dimana tujuannya untuk mengetahui sejauh mana kesiapan sumber daya manusia di Kepri dalam menghadapi masyarakat ekonomi ASEAN.untukSumber Daya Manusia (SDM) kita siap dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN.

Editor: Dodo