Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Harga Beras di Tanjungpinang Alami Penurunan
Oleh : Habibi
Selasa | 03-03-2015 | 10:58 WIB
beras_pinang.jpg Honda-Batam
Seorang pedagang beras menata dagangannya. Harga beras di Tanjungpinang mengalami penurunan. (Foto: Habibi/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kenaikan beras di Pulau Jawa tidak berpengaruh terhadap harga beras di Tanjungpinang. Hal ini ditandai dengan turunnya harga beberapa merk beras di sejumlah pasar dengan capaian 0,92 persen dari harga sebelumnya.

Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Tanjungpinang, Teguh Susanto mengatakan,  saat peninjauan harga beras ke Pasar Senin (2/3/2015), harga beberapa merek beras mengalami penurunan. Seperti merk Gajah Merah yang sempat naik Rp 13.500 sekarang menjadi Rp 12.000 per kilo, dan merk Ayam Merak dari Rp 12.000 menjadi Rp 11.000.

"Untuk harga komoditi beras merk lainnya masih stabil, termasuk beras impor Malaysia bermerk Anak Terbang yang masih dijual seharga Rp7000 per kilo," ujar Teguh saat dihubungi, Selasa (3/3/2015). (Baca: Harga Masih Normal, Bulog Tanjungpinang Siapkan Stok Beras untuk 6 Bulan)

Teguh mengatakan, turunnya harga beras di Tanjungpinang saat ini disebabkan stok beras yang didatangkan dari Pulau Jawa dan Sumatera masih mencukupi untuk 2 bulan kedepan. Selain itu juga, Dia mengatakan, Bulog pada bulan ini pun akan menyuplai beras untuk warga miskin.

"Itu kenapa harganya turun, pasokan beras kita mencukupi untuk 2 bulan kedepan. Intinya, ya bisa ditarik kesimpulan untuk saat ini, harga beras di Pulau Jawa, tidak berpengaruh terhadap harga beras di Tanjungpinang," tuturnya.

Dari pedagang, pun mengakui bahwa beras mengalami penurunan. Senada dengan Teguh, salah satu pedagang beras, Roni mengaku bahwa saat ini stok lama masih banyak dan memadai, sehingga harga beras turun. "Kalau di Jawa kita tidak tahu, tapi kita disini stoknya cukuplah, makanya harganya turun," ujar Roni.

Editor: Dodo