Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Harga Masih Normal, Bulog Tanjungpinang Siapkan Stok Beras untuk 6 Bulan
Oleh : CR-11
Senin | 02-03-2015 | 11:58 WIB
Beras-Bulog.gif Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kepala Divisi Regional Badan Urusan Logistik (Bulog) Kota Tanjungpinang, Ismeth Erlando mengatakan harga beras jenis medium di pasaran Kota Tanjungpinang masih normal dan belum ada kenaikan yang berarti. Hal ini membuat pelaksanaan operasi pasar belum akan dilaksanakan. 

"Kalau ada permintaan dan lonjakan harga, yang mengakibatkan berkurangnya stok beras di pasar, akan kita lakukan operasi pasar sesuai dengan permintaan pemerintah daerah dan pantauan harga yang dilakukan BPS serta kita di Bulog," kata Ismeth di Tanjungpinang, Senin (2/3/2015). 
 
Harga beras medium, seperti merek Apple dan Anak Terbang di Tanjungpinang dan Bintan, tambah Ismeth, berdasarkan survei BPS, Bulog dan pemerintah, masih berkisar di harga Rp 7000-7500 per kilogramnya. Sementara, beras premium cap Gajah, Burung Merak dan sejenisnya, mengalami kenaikan kendati tidak telalu signifikan. 

Belum adanya kenaikan harga beras medium di Tanjungpinang dan Bintan, dikarenakan masih lancarnya pembagian raskin yang dilaksanakan sejak Januari 2015. Karena dari seluruh kebutuhan beras sudah terpenuhi 10 persen dari pembagian raskin setiap bulannya.

"Raskin sesuai dengan kuota yang diajukan pemerintah daerah terus kita salurkan setiap bulan. Untuk Kota Tanjungpinang mencapai 115 ton dan Kabupaten Bintan 76 ton," kata dia.

Mengantisipasi adanya lonjakan dan kekurangan stok di pasaran, saat ini stok beras di Bulog Tanjungpinang mencapai 1.500 ton, dan pada Maret 2015 masih akan ditambah 60 ton lagi sehingga akan mencukupi hingga 6 bulan kedepan. 

Editor: Dodo