Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

BLK Batam, Riwayatmu Kini!
Oleh : Gabriel P. Sara
Kamis | 26-02-2015 | 16:50 WIB
blk_batam.jpg Honda-Batam
BLK Batam yang halaman depannya ditumbuhi rumput liar dan tak terawat.

BATAMTODAY.COM, Batam - Warga Batam mengeluhkan keberadaan Balai Latihan Kerja (BLK) yang terletak di Jalan Brigjen Katamso, Kecamatan Sagulung, yang sudah tidak berfungsi. Hal tersebut membuat kebingungan warga sekitar yang ingin mengikuti pelatihan kerja.

Salah satu warga, Adam (20) mengatakan, ia mendatangi gedung BLK tersebut guna untuk mengikuti pelatihan kerja. Namun sampai di gedung itu yang ia dapatkan hanya gedung kosong tak berpenghuni atau selama ini pelatihan tidak difungsikan.

"Saya tak tahu kalau gedung BLK ini sudah tak fungsi, makanya ke sini. Kemarin dapat info dari teman kalau mau ikut pelatihan kerja ya datang ke sini, makanya ke sini saya. Eh, sampai sini malah ga fungsi gedungnya," kata Adam.

Lanjut Adam, ia sangat menyayangkan BLK yang terletak tidak jauh dari ruas jalan tersebut tidak difungsikan. Bahkan, ia sendiri ingin sekali mengikuti pelatihan di sana. "Bukan hanya saya yang ingin mengikuti pelatihan di BLK ini, masyarakat luar sana juga mau. Kalau tak fungsi seperti ini mau jadi apa masyarakat kita. Apalagi sekarang tenaga kerja itu harus yang mempunyai keahlian khusus. Ya kalau bisa BLK ini difungsikan kembali," harapnya.

Sementara itu, menurut informasi yang dihimpun, lahan tempat berdirinya BLK tersebut tersandung sengketa antara BP Batam dengan Pemerintah Kota (Pemko) Batam. Padahal, belum lama ini dikabarkan gedung BLK ini akan difungsikan kembali. Namun sampai sekarang belum terlaksana atau belum dibuka kembali BLK tersebut.

M. Raskita Ginting, salah satu penjaga BLK dari BP Batam, mengatakan, sampai saat ini belum ada tanda-tanda gedung ini akan diaktifkan kembali. Dia hanya bertugas menjaga inventaris BLK ini. Sementara apa persoalan yang sebenarnya, dia tak mengetahui secara pasti. "Saya tak tahu itu. Kami hanya menjaga saja di sini," ujar Raskita singkat.

Sementara, pantauan sekitar lokasi BLK terlihat sudah seperti hutan. Sekeliling BLK itu juga ditumbuhi rumput-rumput liar yang sudah panjang yang tak terawat.

Editor: Dodo