Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Termasuk Citilink ke Yogyakarta

Garuda Bakal Buka Penerbangan Langsung ke Banjarmasin dari Batam
Oleh : Hadli
Sabtu | 21-02-2015 | 17:50 WIB

BATAMTODAY.COM, Batam - Maskapai Garuda Indonesia dipastikan akan membuka rute penerbangan langsung dari Batam menuju Banjarmasin dalam waktu dekat ini.

"Rute Batam-Banjarmasin hingga saat ini belum ada satupun maskapai yang melayani penerbangan langsung. Dengan dibuka rute ini diharapkan dapat membantu masyarakat terbang langsung dari Bandara Hang Nadim Batam," ujar Suwarso, Kepala Bagian Umum Bandara Hang Nadim Batam, Sabtu (21/2/2015). 

Menurut Suwarso, manajemen maskapai BUMN itu telah mengajukan izin rute ke Banjarmasin itu kepada Kementerian Perhubungan. Izin itu termasuk rute baru untuk Citilink yang akan membuka penerbangan langsung ke Yogyakarta.

"Kami tinggal menunggu konfirmasi lebih lanjut dari pihak maskapai. Untuk slot di Hang Nadim Batam sudah tersedia," jelasnya. 

Ia mengatakan, sasaran pasar penerbangan dua rute di Pulau Jawa dan Kalimantan Selatan tersebut akan dilayani dengan pesawat Boeing 737-800 NG, masing-masing satu kali terbang setiap hari.
    
Rencana pembukaan kedua rute tersebut merupakan salah satu upaya Garuda Indonesia untuk meningkatkan layanan dari Batam setelah sebelumnya pada 19 Desember 2014 sudah membuka rute ke Surabaya, dan Batam ke Bandung dengan pesawat jenis yang sama. 

"Saat ini Garuda memiliki rute penerbangan rutin dari Batam ke Jakarta lima kali sehari, Batam ke Bandung dan Surabaya satu kali sehari. Semua rute tersebut dilayani dengan Boeing 737-800 NG. Juga melayani penerbangan Batam ke Medan dan Batam ke Bandar Lampung masing-masing satu kali sehari dengan pesawat Bombardier CRJ-1000 NextGen kapasitas 96 penumpang," ujarnya.

Pada 2014, maskapai Garuda juga telah membuka penerbangan Batam ke Pekanbaru. Karena berdampak pada kabut asap, rute penerbangan Riau lautan dan Riau daratan ini ditutup sementara oleh pihak Garuda. 
 
Editor: Dodo