Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dinas PU Batam Bangun Tiga Pelantar Beton di Pulau Panjang dan Kebam Tahun Ini
Oleh : Roni Ginting
Sabtu | 21-02-2015 | 16:44 WIB
yumasnur baru.jpg Honda-Batam
Yumasnur, Kepala Dinas PU Kota Batam. (Foto: dok/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Batam menargetkan seluruh bangunan pelantar terbuat dari beton sehingga memudahkan masyarakat terutama yang di hinteland, dalam beraktivitas. Pada 2015 ini akan dibangun tiga pelantar di Pulau Panjang dan Kebam.

Kepala Dinas PU Kota Batam, Yumasnur, mengatakan, di Batam terdapat 103 pelantar. Sekitar 30 pelantar sudah beton dan selebihnya sekitar 73 pelantar masih terbuat dari kayu.

"Ini kita targetkan semua akan dibeton. Kita kerjakan secara bertahap," kata Yumasnur di kantor DPRD Batam, kemarin.

Pada tahun ini, katanya, Dinas PU sendiri akan membangun tiga titik pelantar beton, di antaranya di Pulau Panjang dan Kebam.

Menurutnya, pembangunan pelantar yang menggunakan material kayu sudah tidak cocok untuk daerah pesisir. Selain karena umurnya relatif singkat, bahan pembuatannya juga sulit didapatkan.

Apabila menggunakan beton maka kontruksinya akan kuat sehingga usia pelantar bisa sampai puluhan tahun. Apalagi dilakukan perawatan secara berkala, dipastikan akan awet.

"Dulu banyak kontruksi kayu. Sekarang material kayu jadi kendala. Pun usianya tidak lama, apalagi kena pengaruh air asin," katanya. (*)

Editor: Roelan