Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jalur Samudera Laksamana Cheng Ho Resmi Diluncurkan di Batam
Oleh : Ahmad Rohmadi
Sabtu | 21-02-2015 | 16:10 WIB
peresmian_chengho.jpg Honda-Batam
Menko Kemaritiman, Menpar, Wagub Kepri dan Ketua DPRD Kepri menekan tombol sebagai tanda peresmian Jalur Samudera Laksamana Cheng Ho di Batam. (Foto: Ahmad/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Jalur samudera pelayaran Laksamana Cheng Ho akhirnya secara resmi diluncurkan oleh Menteri Koordinator (Menko) Kemaritiman, Indro Soesilo bersama dengan Menteri Pariwisata Arif Yahya, di Golden King Bengkong, Sabtu (21/2/2015).

Dari sembilan kota di Nusantara yakni Aceh, Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Sematra Selatan, DKI Jakarta, Cirebon, Surabaya, Semarang, yang menjadi rute pelayaran laksamana Cheng Ho, Batam atau Kepri menjadi peluncuran peresmian pertama jalur Samudera Cheng Ho.

Indro Soesilo mengatakan Jalur Samudera Cheng Ho menjadi modal penting untuk menarik wisatawan tiongkok. Dan menurutnya Batam juga mempunyai peranan yang sangat penting untuk menarik wisatawan asing, karena lokasinya yang strategis  selain Jakarta dan Bali.

"Dengan diluncurkannya Jalur Samudera Cheng Ho di Batam ini, semoga dapat mendorong dan meningkatan wisatawan di Kepri dan sekaligus dapat menyejahterakan masyarakat Kepri," kata Indro.

Selain itu dia juga mengatakan bahwa peresmian jalur Samudera Cheng Ho ini adalah salah satu bagian kerjasama yang dibangun oleh pemerintah Indonesia dengan pemerintah Republik Rakyat Tiongkok (RRT).

Wakil Gubernur Kepri, Soerya Respationo, yang hadir selaku Pemerintah Provinsi Kepri, mengatakan harapannya, dengan ditetapkannya grid Batam dan diluncurkannya Jalur Samudera Cheng Ho bisa menggenjot wisatawan untuk datang ke Indonesia dan Kepri khususnya.

"Saya optimis, 2,5 juta yang ditargetkan Kementerian Pariwisata untuk menarik wisatawan asing untuk masuk ke Kepri pasti bisa tercapai," jelas Soerya.

Sedangkan pemilik kawasan atau pengelola Golden King, Abi, menjelaskan pihaknya akan selalu mendukung rencana pemerintah pusat maupun daerah untuk menarik wisatawan asing ini masuk ke Batam.

"Saya berharap apa yang dicita-citakan oleh pemerintah bisa terwujud," ujar Abi.

Untuk lebih memperlihatkan Jalur Cheng Ho, selain kapal yang sudah ada saat ini, pihaknya juga akan membangun beberapa bangunan yang menjadi ciri khas Laksamana Cheng Ho, seperti Masjid Cheng Ho. "Masjid sudah kita bangun sebentar lagi mungkin satu bulan ke depan sudah jadi," jelasnya.

Kedatangan dua Menteri Kabinet Kerja Jokowi ini ke Batam ternyata tidak hanya diliput media nasional dan daerah saja, beberapa media dari Tiongkok juga ikut meliput peluncuran Jalur Samudera Cheng Ho.

Editor: Dodo