Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lahan Kosong Depan Mako Brimob Tembesi Terbakar
Oleh : Gabriel P. Sara
Rabu | 18-02-2015 | 18:47 WIB
kebakaran_lahan_brimob.jpg Honda-Batam
Petugas pemadam berusaha menjinakkan api yang melalap lahan kosong depan Mako Brimob, Tembesi.

BATAMTODAY.COM, Batam - Kebakaran lahan kosong masih saja terjadi di Batam. Kali ini lahan kosong tepatnya di depan Mako Brimob Polda Kepri terbakar pada Rabu (18/2/2015) sore.

Kebakaran lahan kosong itu sempat menjadi perhatian warga setempat dan pengguna jalan yang melewati jalan tersebut karena asap yang tebal. 

Parahnya lagi, kebakaran yang menimbulkan asap gumpalan membuat perhatian anggota Sat Brimob Polda Kepri hingga langsung turun ke lokasi bersama warga guna memadamkan api itu. Tiga unit pemadam kebakaran (Damkar) Kota Batam langsung dikerahkan.

"Dasar orang ga punya kerjaan, main bakar aja lahan ini. Kalau nyambar rumah gimana, untung rumahnya jauh semua," ujar salah satu anggota Brimob Polda Kepri yang datang ke lokasi kejadian.

Sementara, Asniar, warga yang berjualan tidak jauh dari lahan yang dibakar itu, mengatakan, sebelum lahan kosong itu terbakar, ia melihat salah satu warga yang membakar sampah di sekitar lahan kosong itu. Namun setelah membakar sampah, warga tersebut langsung meninggalkan lokasi dengan api yang masih menyala.

"Memang awalnya dia bakar sampah kering di dekat lahan itu. Setelah dibakar itu, dia pun langsung pergi, dan tiba-tiba apinya langsung menjalar hingga merambat ke sekitar. Mungkin angin yang tiup puing-puing sampah yang menyala itu, jadi apinya cepat nyambar," bebernya.

Tambahnya, ia mencurigai orang yang membakar sampah hingga terbakarnya lahan kosong itu merupakan ada unsur sengaja. Pasalnya ia sempat melihat warga yang membakar sampah itu beberapa hari yang lalu sempat bersih-bersih lahan tersebut.

"Kemungkinan dia itu sengaja bakar lahan ini untuk buat perumahan. Soalnya jauh-jauh hari, saya lihat dia sempat bersih-bersih lahan kosong ini," tutupnya.

Editor: Dodo