Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hutan di Kampung Beliung Terbakar
Oleh : Irwan Hirzal
Rabu | 18-02-2015 | 14:14 WIB
warga padamkan api hutan terbakar.jpg Honda-Batam
Hendra saat memadamkan api yang merambat ke gudang penimbunan besi tua miliknya. (Foto: Irwan Hirzal/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Hutan di Kampung Beliung, Kelurahan Tanjungriau, Kecamatan Sekupang, pada Rabu (18/2/2015) siang dilalap si jago merah. Angin yang bertiup kencang serta dedaunan kering turut memperbesar nyala api sehingga tanaman dan pepohonan di hutan seluas 1 hektare itu hangus dengan cepat.

"Anginnya itu sangat kencang, Mas. Makanya apinya cepat merambat. Sudah satu jam saya padamkan secara manual agar tidak merembet ke rumah saya," kata Hendra, warga Beliung, yang ditemui sedang memadamkan api di sekitar gudang penampungan besi tua miliknya.

"Saya sudah telepon petugas pemadamnya, tapi belum juga datang. Sudah hampir 10 ton air bak besar habis untuk menyiram api agar tidak merembet ke gudang besi tua ini," imbuhnya.

Hendra mengakui belum diketahui pasti apa penyebab dari kebakaran tersebut. Hanya, kata dia, hampir setiap musim kemarau kawasan hutan ini selalu terbakar dan membuat tanaman yang masih kecil mati.

"Tahun lalu pas musim kemarau hutan ini terbakar juga. Tapi tahun ini baru kali ini terjadi di Tanjungriau," katanya.

Sekitar satu jam kemudian, mobil pemadan kebakaran dari  BP Batam pun tiba. Satu unit pemadam pun memadamkan sisa-sisa api yang masih menyala. (*)

Editor: Roelan