Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Soal Penggusuran PKL, Pemko Batam Juga Harus Carikan Solusi
Oleh : Ahmad Rohmadi
Rabu | 18-02-2015 | 12:02 WIB
penggusuran_pkl_puri_legenda.jpg Honda-Batam
Penggusuran PKL di kawasan Puri Legenda beberapa waktu lalu. Pemko Batam harus beri solusi bagi pedagang yang digusur.

BATAMTODAY.COM, Batam  - Pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang berdagang di kios-kios liar atau yang biasa disebut dengan pedagang kaki lima (PKL) dan selalu terancam digusur oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) terus menjadi sorotan publik.

Anggota Komisi II DPRD Kota Batam, Aman menyoroti keberlangsungan ekonomi para PKL tersebut. Menurutnya pelaku UMKM juga masyarakat Batam yang memiliki hak untuk berniaga untuk memenuhi kebutuhan dan menyambung hidup keluarganya.

"Pemerintah Kota (Pemko) Batam harus segera mencarikan solusi jika menggusur PKL, misalnya relokasi tempat jualan sehingga ekonomi mereka tetap jalan," kata Aman, Rabu (18/2/2015).

Aman khawatir jika Pemko hanya menggusur tanpa menyediakan solusi, masyarakat yang awalnya berjualan dan punya penghasilan malah menjadi menganggur. "Jangan sampai penggusuran yang tujuannya positif malah nanti memicu timbulnya kriminalitas karena banyak yang menganggur," tambahnya.

Selain itu dia juga mengatakan, lokasi yang dipilih untuk relokasi para pedagang juga harus lokasi yang strategis dan ramai penduduk, sehingga perputaran uang di tempat tersebut tetap terjaga.

"Keberlangsungan niaga di tempat yang baru itu juga penting, jangan hanya asal dipindah tapi tempatnya sepi kan percuma," tambahnya.

Dengan relokasi yang baik dan memadai, Aman berharap tatanan Batam jadi lebih indah dan rapi. Dengan begitu, maka ikon kota ini sebagai salah satu destinasi wisata bisa tetap dipertahankan.

Editor: Dodo