Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

348 Rumah di Hinterland Batam Bakal Dapat Bantuan Pembangkit Listrik Tenaga Surya
Oleh : Irwan Hirzal
Selasa | 17-02-2015 | 15:27 WIB
pebrialin.jpg Honda-Batam
Pebrialin, Kepala Dinas KUKM Kota Batam. (Foto: dok/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Ratusan rumah penduduk di kawasan hinterland di Batam bakal menikmati penerangan dari pembangkit listrik tenaga surya (PLTS). Bantuan itu akan diserahkan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KUKM) Kota Batam pada tahun ini juga.

"Tahun ini kita akan berikan alat bantu PLTS khusus di pulau-pulau. Sasarannya ya tak lain mereka yang memiliki tempat tinggal di daerah minim listrik," ujar Pebrialin, Kepala Dinas KUKM Kota Batam, Selasa (17/2/2015).

Beberapa perangkat alat dengan sistem PLTS akan disalurkan kepada 348 rumah.

Pemberian bantuan juga disertai beberapa perangkat alat penghasil sumber listrik lainnya sehingga seperti aki kering sebagai penyimpan listrik dinamis. "Aki kering khusus PLTS ini mampu bertahan hingga 2,5 tahun," ujarnya.

Wilayah hiterland di Batam yang menjadi sararan mereka yang tinggal di wilalayah pulau-pulau di Kecamatan Belakangpadang, Bulang dan Galang. Bantuan ini bersumber dari APBD Kota Batam dan APBD Provinsi Kepulauan Riau.

Dia menjelaskan, bantuan ini untuk meringankan beban masyarakat di pulau yang sulit terjangkau suplai listrik, sehingga program pengentalan kemiskinan ini mampu dinikmati masyarakat di sana.

"Pasti harapan kita untuk meningkatkan kehidupan mereka agar lebih layak dan baik," ujarnya. (*)

Editor: Roelan