Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Penggila Batu Akik di Dabo Gelar Pameran Perdana
Oleh : Nurjali
Selasa | 17-02-2015 | 14:27 WIB
Honda-Batam
Salah satu peserta siap menggelar pameran batu mulia sore ini. (Foto: Nurjali/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Pecinta batu mulia di Kabupaten Lingga sore ini akan menggelar pameran batu mulia khas Dabosingkep di Taman Bunga Jalan Merdeka. Belasan stand telah disiapkan  pada pameran yang dilaksanakan atas inisiatif para penggila batu mulia atau dikenal sebagai batu akik ini.

Ketua komunitas batu mulia di Kabupaten Lingga, Abdul Gani Atan Leman, mengatakan, kegiatan ini tidak saja hanya memamerkan keindahan batu mulia khas Singkep, namun juga bertujuan untuk mensyukuri keindahan alam yang dimiliki oleh Kabupaten Lingga, khususnya Dabosingkep, serta mempromisikan daerah.

"Batu yang paling menonjol itu batu tourmaline, karna batu asal Singkep ini sangat khas dan hanya ada di sini," kata Gani yang juga anggota DPRD Kabupaten Lingga ini, Selasa (17/2015).

Ada beberapa jenis batu mulia khas Lingga yang akan dipamerkan pada petang. Ada tourmaline, kinyang, kecubung dan beberapa jenis batu lainnya. Panitia hanya memprioritaskan peserta dari dalam Dabosingkep, sementara peserta dari luar jika berminat juga dipersiapkan, namun 70 persennya merupakan peserta dari dalam daerah.

"Karena ini perdana, kita prioritaskan anggota komunitas. Tapi jika ada yang dari luar berminat, kita juga memberikan ruang," kata Gani.

Sementara itu Iwan Putih, panitia kegiatan, mengatakan pihaknya telah menyiapkan 12 stand sesuai dengan para pendaftar. Tapi jika nanti masih ada peserta dari luar yang akan ikut, pihaknya akan menyiapkan stand baru.

Kegiatan ini diharapkan nantinya dapat turut mempromosikan Singkep di wilayah lain. Karena panitia juga telah mengundang beberapa masyarakat Lingga yang tinggal di luar daerah. "Acara nanti akan kita buka pukul empat sore ini. Semoga dengan kegiatan ini akan membantu mempromosikan daerah kita dan mengangkat potensi alam yang ada di Lingga," ujarnya. (*)

Editor: Roelan