Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

H-3 Imlek, Arus Penumpang di Sekupang Masih Normal
Oleh : Irwan Hirzal
Senin | 16-02-2015 | 17:18 WIB
mudik-imlek-sekupang.jpg Honda-Batam
Penumpang di Pelabuhan Sekupang, Batam. (Foto: dok/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Arus penumpang di Pelabuhan Domestik Sekupang, Batam, hari ini terpantau masih belum ada peningkatan tiga hari jelang perayaan Imlek pada 19 Februari mendatang.

"H-3 Imlek masih sepi, tidak ada gejolak kenaikan jumlah penumpang," kata Yovan Siahaan, Kepala Syahbandar Pelabuhan Sekupang, kepada BATAMTODAY.COM, Senin (16/2/2015).

Menurutnya, berkaca dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya, arus penumpang di PDS jelang Imlek jarang menunjukkan peningkatan. Apalagi Pelabuhan l Harbour Bay masih melayani penumpang.

Namun prediksi penumpang akan naik itu pada H-1 dan pada saat Imlek. Kapal juga biasanya berangkat pada pukul 07.00 WIB dengan tujuan yang banyak diminati yaitu Selatpanjang, Tanjungbatu, Moro, dan Tanjungbalai Karimun.

"Kenaikan yang paling sinifikat itu adalah pada penumpang tujuan Selatpanjang. Tapi kalau sekarang belum ada lonjakan. Pihak operator kapal saja sekarang masih bingung," ujar Yovan.

Biasanya, imbuh Yovan, warga Tionghoa akan menyewa kapal pada saat Imlek, seperti tahun-tahun sebelumnya. Karena itu, operator akan menambah armada.

"Jumlah penumpang itu tergantung sewa kapal (carter) seperti tahun lalu. Tapi sampai sekarang belum ada," ujarnya. (*)

Editor: Roelan