Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Faith No More Bakal Rilis Album Lagi Setelah 18 Tahun
Oleh : Redaksi
Kamis | 12-02-2015 | 09:57 WIB
fnm_metalucks.gif Honda-Batam
Faith No More. (Foto: metalsucks.net)

BATAMTODAY.COM - Setelah terakhir mengeluarkan album pada 1997 silam, baru-baru ini Faith No More mengumumkan perihal rencana dirilisnya album terbaru mereka, Sol Invictus. Album pertama mereka dalam 18 tahun terakhir itu rencananya akan dirilis pada 19 Mei mendatang.

Faith No More merekam lagu-lagu untuk album ketujuh ini di studio milik mereka sendiri yang terletak di Oakland, California. Selain itu, Sol Invictus juga dirilis di bawah label rekaman milik mereka, Reclamation Records, serta didistribusikan oleh label milik pentolan band tersebut, Mike Patton, yaitu Ipecac Recordings.

Dalam pernyataan seperti dilansir Rolling Stone, band asal California, Amerika Serikat ini mengatakan bahwa cikal bakal Sol Invictus bermula saat mereka memainkan sebuah lagu baru di Buenos Aires, Argentina pada 2011 silam. "Ketika kami membawakan lagu 'Matador' untuk pertama kalinya, kami memberitahu mereka bahwa lagu ini hanya dibawakan ulang. Namun mereka pun tetap menggila," ujar basis Faith No More, Billy Gould.

"Lagu 'Matador' sendiri merupakan ide pertama yang dibawa oleh Billy (Gould) kepada kami semua. Itu kemudian menjadi suatu awal yang baru," tambah Roddy Bottum, keybordis Faith No More.

Sebuah lagu berjudul "Superhero" dari album Sol Invictus rencananya akan dirilis terlebih dahulu pada Maret mendatang. Band yang terkenal dengan single "Epic" itu akan merilis "Superhero" dalam format 7 inci pada 17 Maret, menyusul perilisan dalam format digitalnya pada 31 Maret. "Superhero" sendiri telah dibawakan secara perdana oleh band yang terbentuk sejak 1981 pada penampilan mereka di Hyde Park, Inggris, Juli 2014 lalu. 

Sebelum akhirnya mengumumkan lagu dan album terbaru mereka ini, pada November 2014 lalu Faith No More telah meluncurkan sebuah lagu berjudul "Motherfucker" yang dirilis bertepatan pada hari perayaan untuk para pecinta dan penggiat rilisan fisik (Record Store Day).

Grup band yang beranggotakan Mike Patton, Billy Gould, Roddy Bottum, Mike Bordin, dan Jon Hudson itu terakhir kali mengeluarkan album pada 1997 lalu yang bertajuk Album of the Year. Setahun kemudian mereka memutuskan bubar, namun pada akhirnya mereka kembali bersama untuk bermain musik pada 2009. Mereka langsung mengadakan tur dunia bertajuk The Second Coming Tour pada tahun yang sama, dengan total penampilan sebanyak 87 kali hingga Juli 2014.

Sumber: Rolling Stone