Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Menpar Kunjungi Lobam, Buruh Berharap Ada Kemajuan
Oleh : Harjo
Sabtu | 07-02-2015 | 16:51 WIB
menpar_ke_lobam.jpg Honda-Batam
Menpar Arief Yahya saat tiba di Pelabuhan KIB Lobam. (Foto: Harjo/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Tanjunguban - Menteri Pariwisata (Menpar),  Arief Yahya, mengunjungi Kawasan Industri Bintan (KIB) Lobam, Sabtu (7/2/2015). Kunjungan yang didampingi Wakil Gubernur Kepulauan Riau, Soerya Respationo, hanya bersipat meninjau kawasan Lobam dan Bandara Busung yang saat ini sedang dalam tahap pengerjaan.

"Pak menteri hanya meninjau KIB Lobam dan pembangunan bandara khusus di KIB Lobam yang saat ini sedang dikerjakan. Selanjutnya rombongan langsung menuju Kawasan Pariwisata Lagoi (KPL) Bintan," kata Jamin Hidajat, Senior Liaison Maneger PT Bintan Inti Industrial Estate (BIIE) Lobam.

Sementara itu Ketua DPC Federasi Kontruksi Umum dan Informal (FKUI)  SBSI Bintan, Iskandar, menyampaikan harapannya agar kunjungan Menpar ke KIB Lobam dan KPL Bintan bisa memberikan dampak yang positif terhadap keberadaan KIB Lobam yang investasinya mengalami penurunan.

"Kehadiran menteri setidaknya memberikan harapan para buruh agar KIB Lobam dan Lagoi bisa lebih maju dan berkembang mengingat khususnya untuk Lobam, pada saat ini kondisinya sudah sangat memprihatinkan dan investasi semakin lesu," harapnya.

Iskandar menjelaskan pasca beberapa perusahaan Lobam, mulai  gulung tikar sejak sekitar 2004 lalu. Selain menimbulkan semakin banyaknya pengangguran, secara otomatis daya beli masyarakat juga semakin menurun.

"Bisa dibayangkan, sebagian besar pada saat ini dormitori KIB sudah tidak dimanfaatkan. Bahlan sebagian sudah mulai rusak dan tidak terawat. Kaum buruh berharap ke depan KIB Lobam masih bisa bangkit dan semakin banyak investor yang berinvestasi," tambahnya. (*)

Editor: Roelan