Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pertumbuhan Pengguna Twitter Melambat
Oleh : Redaksi
Sabtu | 07-02-2015 | 09:04 WIB

BATAMTODAY.COM - PERTUMBUHAN pengguna Twitter Inc nyaris terhenti pada kuartal IV. Catatan ini sedikit mengecewakan perusahaan, meski pendapatan media sosial itu terus naik.

Pertambahan bersih pengguna Twitter dalam kuartal IV mencapai empat juta pengguna. Dengan begitu, jumlah pengguna hingga akhir tahun menjadi 288 juta. Kenaikan pengguna sebesar 1,4 persen dari tiga bulan sebelumnya itu menjadi yang terendah sepanjang sejarah Twitter.

Catatan menandai kali pertama pertumbuhan lebih rendah ketimbang Facebook Inc, yang memiliki jumlah pengguna sekitar lima kali lipat dari Twitter. Tetap saja, investor mendorong naik saham Twitter sebesar 9 persen atau $3,74 menjadi $45 dalam perdagangan after-hours.

Salah satu pemicunya adalah isyarat eksekutif perusahaan bahwa fenomena ini hanya sementara. Saham Twitter turun sekitar 15 persen sejak laporan pendapatan terakhir.

Menurut Twitter, sejumlah masalah terkait peluncuran perangkat lunak iOS 8 keluaran Apple Inc membuat empat juta akun tak lagi tercatat sebagai pengguna Twitter dalam kuartal IV.

Chief Executive Twitter, Dick Costolo, memaparkan jumlah pengguna kuartal I tahun ini semestinya bisa mengulang tiga bulan pertama 2014. Saat itu, Twitter berhasil memulihkan momentum pertumbuhan.

Twitter tetap memikat investor berkat laju pendapatan, yang naik dua kali lipat dalam beberapa kuartal terakhir. Dalam periode terakhir, penghasilan perusahaan asal San Francisco, Amerika Serikat itu bertambah nyaris dua kali lipat menjadi $479 juta.

Twitter memperkirakan laju pendapatan melambat hingga 65 persen pada 2015, sesuai proyeksi sejumlah analis.

Costolo masih menghadapi tekanan besar untuk bisa menunjukkan bahwa Twitter masih mampu mengangkat laju pertumbuhan pengguna, sekaligus meraih pendapatan yang sejalan dengan pengaruh budaya media sosial itu.

Menurut Costolo dalam penjelasan mengenai pendapatan, data Januari mengisyaratkan tren pertumbuhan pengguna mulai pulih pada kuartal berjalan, sehingga berpeluang setara dengan kuartal yang sama tahun lalu. Pengguna Twitter bertambah sebanyak 14 juta pengguna dalam tiga bulan pertama 2014.

Dari segi bisnis, Twitter berupaya memperlihatkan bagaimana mereka bisa meraup pendapatan dari non-pengguna. Pekan ini, Twitter mengumumkan kemitraan dengan Flipboard dan Yahoo Jepang. Kemitraan memungkinkan Twitter untuk pertama kalinya menjual ruang iklan di luar timeline.

Costolo pada Kamis membenarkan perusahaan sepakat memberikan akses bagi Google Inc guna memunculkan miliaran cuitan. Langkah ini akan lebih cepat menyebarluaskan kicauan pengguna Twitter secara real-time. Ia tak menjabarkan perincian kesepakatan dengan Google. (*)

Sumber: WSJ