Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Neil Young Sebut Kebangkitan Vinil Hanya Gaya-gayaan Belaka
Oleh : Redaksi
Jum'at | 06-02-2015 | 12:24 WIB
Neil-Young.jpg Honda-Batam
Neil Young. (Foto: Rolling Stone)

BATAMTODAY.COM - Neil Young angkat bicara perihal kebangkitan vinil dalam beberapa tahun terakhir ini. Ia mengatakan bahwa itu bukanlah suatu hal yang istimewa melainkan hanya sebuah gaya-gayaan belaka.

Seperti dikutip dari NME, penyanyi yang juga seorang pencipta lagu ini tidak menemukan satu alasan yang sah bagi para penyuka musik untuk membeli vinil. Dalam sebuah wawancara dengan acara radio di California, The Frame, Young pun juga turut memberikan komentarnya perihal penjualan vinil yang akhir-akhir ini laku keras.

"Banyak orang yang membeli vinil sekarang ini tidak menyadari bahwa apa yang mereka sedang dengarkan itu adalah induk dari CD. Karenanya, perusahaan-perusahaan rekaman pun sudah tahu bahwa orang-orang menginginkan vinil. Jadilah mereka membuat induk dari CD itu dalam format digital. Sehingga semua produk baru yang berbentuk vinil itu aslinya hanyalah CD yang dibuat ke dalam bentuk vinil. Tidak ada yang spesial dengan hal tersebut, melainkan hanya sebuah gaya-gayaan belaka," kata Young dalam wawancara tersebut.

Pernyataan penyanyi asal Kanada itu menyusul fenomena tingginya penjualan vinil akhir-akhir ini. Seperti di Inggris misalnya, meningkatnya penjualan vinil tahun lalu melebihi angka satu juta kopi. Tingginya angka tersebut, menurut NME, merupakan yang pertama sejak 1997 silam. Sedangkan di Amerika Serikat, penjualan vinil meningkat sebesar 49% dari tahun ke tahun hingga mencapai angka penjualan sebanyak 8 juta kopi.

Meski pun begitu, Young menambahkan bahwa ia turut mengapresiasi kebangkitan vinil tersebut. "Ini adalah hal yang baik dan mengagumkan. Saya berharap orang-orang terus menikmati vinil dan hal ini dapat terus tumbuh, karena ini merupakan hal yang baik," kata penyanyi berusia 69 tahun itu.

Neil Young sendiri pada tahun lalu telah merilis dua album penuh miliknya yang masing-masing diberi judul, A Letter Home dan Storytone. Pelantun lagu "Heart of Gold" ini juga belum lama ini baru saja meluncurkan alat pemutar musik digital, Pono, miliknya.

Sumber: Rolling Stone