Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jimmy Page Janjikan Musik Baru dari Band Baru
Oleh : Redaksi
Kamis | 05-02-2015 | 13:29 WIB
Jimmy_Page_360.jpg Honda-Batam
Jimmy Page. (Foto: Rolling Stone)

BATAMTODAY.COM - Sementara rencana reuni band rock legendaris Inggris, Led Zeppelin, masih belum terealisasi, gitaris grup musik tersebut, Jimmy Page, telah mengabarkan untuk membuat band baru.

Seperti dilansir Rolling Stone, dalam sebuah sesi tanya jawab belum lama ini, Page mengatakan bahwa sekarang dirinya sedang dalam proses menyiapkan band  barunya itu. Rencana membuat grup musik baru memang pernah diutarakannya pada September 2014 lalu. Kala itu kepada Rolling Stone ia menyatakan bahwa grup musik barunya akan mulai bermain di atas panggung secara langsung pada 2015 ini.

"Sekarang saya memang sedang dalam proses membuat itu (grup musik baru). Apa yang sedang saya lakukan sekarang ini akan sedikit berbeda. Ini tidak akan menjadi satu hal yang pernah Anda bayangkan saya akan melakukannya," ujar Page dalam sebuah sesi tanya jawab baru-baru ini.

Dalam kesempatan tersebut memang belum banyak bocoran yang Page berikan terkait band barunya. Sesi tanya jawab yang diadakan di London Barat, Inggris itu sendiri memang lebih difokuskan pada rencana perilisan album deluxe reissue dari Physical Graffiti (1975) milik Led Zeppelin. Dirilisnya deluxe reissue Physical Graffiti itu pada tahun ini dimaksudkan untuk memperingati 40 tahun usia album tersebut sejak pertama kali diluncurkan. Album keenam Led Zeppelin tersebut pada 2006 silam mendapatkan sertifikasi sebanyak 16x platinum di Amerika Serikat.

Page sendiri selain mempersiapkan grup musik barunya, juga berkonsentrasi atas album deluxe reissue Led Zeppelin tersebut. Masih dilansir Rolling Stone, rupanya Page sendiri yang melakukan proses remaster atas album Physical Graffiti tersebut.

"Responnya sangat fenomenal. Saya tahu semua materi dalam album ini sangatlah bagus, namun ini juga sangat penting untuk mengatur adegan agar tepat dari awal serta menjelaskan fakta bahwa album tersebut merupakan bentuk kepingan CD. Ini merupakan proyek yang menyenangkan untuk dilakukan, karena saya tahu apa yang akan datang. Akan ada beberapa kejutan," kata Page.

Dalam album deluxe reissue tersebut, akan terdapat beberapa versi lain dari lagu-lagu yang ada pada album terdahulu. Versi yang dimunculkan tersebut memang tak lain adalah versi awal beberapa lagu yang ada pada album, sebelum dilakukan berbagai gubahan hingga akhirnya dimasukkan ke dalam album.

Misalnya saja lagu "Brandy & Coke" yang merupakan versi lain dari "Trampled Under Foot," kemudian ada lagu berjudul "Driving Through Kashmir" yang merupakan rekaman orkestra kasar dari lagu "Kashmir," serta lagu "Everybody Makes It Through" yang di album terdahulu berjudul "In the Light." 

Berdasarkan penuturan Page, dimasukkannya beberapa versi lain dari lagu-lagu yang telah ada itu tentu saja memiliki maksud. "Semuanya sangat berseri-seri. Sangatlah bagus untuk menampilkan ini, karena Anda dapat melihat awal mula dari ini (beberapa lagu tersebut), namun Anda juga tahu hasil akhir lagu-lagu tersebut seperti apa. Ini adalah sebuah ilustrasi yang baik mengapa album Physical Graffiti sangat keren secara keseluruhan," ujar pria berusia 71 tahun itu.

Album deluxe reissue Physical Graffiti nantinya akan diluncurkan pada 23 Februari mendatang. Dipilihnya tanggal tersebut tak lain karena pada 40 tahun yang lalu, Physical Graffiti dirilis pada tanggal 24 Februari.

Sumber: Rolling Stone