Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Setiap SKPD Sewa Stand Rp27 Juta

Wow, Pameran Pembangunan Kepri 2015 Kuras APBD Rp2,7 Miliar
Oleh : Charles Sitompul
Selasa | 03-02-2015 | 17:29 WIB
stand pameran pembangunan.jpg Honda-Batam
Stand di dalam tenda Pameran Pembangunan Kepri 2015. (Foto: Charles Sitompul/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pameran pembangunan yang akan dilaksanakan selama lima hari sejak Kamis (5/2/2015) lusa di Pamedan Ahmad Yani, Tanjungpinang, ternyata berbiaya mahal. Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) harus menguras Rp2,7 miliar untuk menggelar pameran tersebut.

Biaya sebesar itu untuk keperluan sewa tenda roder tertutup, pembuatan ruang-ruang stand berukuran 3 x 2 meter di dalam tenda, serta pernak-pernik lainnya. Namun, stand itu tak diberikan secara gratis. Setiap SKPD harus "menyetor" Rp27 juta per stand untuk memamerkan kesuksesannya.

Staf even organizer dari CV Pertiwi Sakti dan kontraktor resmi pelaksana desain partisi stand, CV Kadaka, Kristiaman Daichi, mengatakan, pelaksanaan kerj asama pembuatan tenda roder tertutup untuk pelaksanaan Pameran Pembangunan 2015 Provinsi Kepri itu dilakukan melalui kerja sama EO-nya dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Kepri sebagai Panitia Pelaksana.

"Kita tidak punya kontrak, hanya kerja sama. Kami yang menyediakan tempat berupa tenda dan stand. Masing-masing SKPD menyewa Rp27 juta per stand," ujar Kristiaman Dichi kepada BATAMTODAY.COM, Selasa (3/2/2015).

Dengan biaya sewa sebesar Rp27 juta itu, pihak EO menyediakan satu meja, dua kursi, lantai papan, dan pendingin ruangan. Dia menyebut, ada SKPD yang menyewa 3-4 stand.

Masing-masing SKPD juga melakukan pembangunan stand dengan dekorasi partisi yang menghabiskan dana sekitar Rp50 - 80 juta per partisi.

Pemasangan tenda raksasa itu telah dilakukan sejak 26 Januari lalu. (*)

Editor: Roelan