Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Teh di Tiongkok Ini Dibuat dari Kotoran Serangga
Oleh : Redaksi
Selasa | 03-02-2015 | 12:58 WIB
teh serangga.jpg Honda-Batam
(Foto: tearroir.com via Merdeka.com)

BATAMTODAY.COM - Kalau Indonesia punya kopi luwak yang ditahbiskan sebagai kopi termahal di dunia, maka Tiongkok punya chong shi cha. Teh ini diproduksi di provinsi Guangxi.

Dilaporkan situs Lifehack, chong shi cha merupakan salah satu teh termahal di dunia. Setiap 1 pon bisa dihargai $ 250-$ 1.000. Teh ini dipatok dengan harga yang sangat mahal karena proses pembuatannya yang tidak mudah. Chong shi cha dibuat dari feses serangga pemakan daun teh.

Menurut situs Teanet, daun teh dikumpulkan di atas rotan untuk mengundang serangga. Setelah memakan daun teh, serangga tersebut akan meninggalkan kotoran di atas rotan. Sisa proses ekskresi inilah yang kemudian dikumpulkan dan diolah menjadi teh.

Saat diseduh warnanya cokelat gelap seperti teh hitam. Sementara rasanya sedikit manis dan lembut.

Dilansir situs Tearroir, teh ini ditemukan oleh tabib Tiongkok. Sang tabib meyakini teh tersebut mengandung khasiat yang luar biasa. Karena itulah ia mempersembahkan teh tersebut kepada Kaisar Qianlong.

Chong shi cha, seperti dilaporkan Digital Journal diyakini bisa melindungi perut dan limpa, memperlancar pencernaan, dan menstabilkan tekanan darah.

Sumber: Merdeka.com