Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bersama Mitranya dari China, GM akan Bangun Pabrik di Indonesia
Oleh : Redaksi
Selasa | 03-02-2015 | 10:09 WIB
0000426370.jpg Honda-Batam
Pabrik GM Indonesia di Bekasi. (Foto: Otosia.com).

BATAMTODAY.COM - Suburnya industri otomotif di Indonesia dibandingkan Thailand mendorong General Motors (GM)  membangun pabrik baru di Indonesia dengan kapasitas produksi 150 ribu unit per tahun. Bersama mitranya dari China, SAIC Motor Corp, total investasi yang ditanamkan untuk pembangunan pabrik sebesar US$ 700 juta.

Pabrik baru tersebut direncanakan berada di kawasan industri di luar Jakarta yang mulai dibangun Agustus 2015 dan diperkirakan rampung pada tahun 2017 mendatang. Nantinya pabrik baru usaha patungan GM dan SAIC (Shanghai GM) ini akan memproduksi kendaraan di bawah merek-merek GM, seperti Chevrolet, Cadillac, dan Buick.

Seperti diberitakan Reuters, keduanya juga akan membuat merek baru Wuling yang diproduksi dan dijual perusahaan patungan SAIC-GM-Wuling. Menurut rencana SAIC-GM-Wuling akan menguasai 80% saham perusahaan, sementara sisanya dipegang SAIC.  

Tsien memastikan bahwa merek Chevrolet dan Wuling tidak akan saling memakan lantaran punya perbedaan segmen, model, harga, dan fitur. Kehadiran keduanya justru menurut Tsien akan saling melengkapi. Brand Wuling akan diposisikan sebagai produk fungsional dan value for money, seperti halnya yang terjadi di pasar otomotif China.

Kendati tidak menyebut modelnya, perusahaan patungan ini sudah menggadang-gadang tergiur menggarap pasar MPV tiga baris di Indonesia yang volumenya cukup besar. MPV dengan 7 penumpang merupakan jenis kendaraan yang menjadi favorit masyarakat Indonesia.

Melalui PT General Motors Indonesia,  saat ini GM telah memiliki pabrik perakitan di Pondok Ungu, Bekasi, Jawa Barat. Dengan kapasitas produksi 40 ribu pertahun, di pabrik ini GM membuat MPV 7 penumpang Chevrolet Spin.

Sumber: Otosia.com