Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dinkes dan Disperindagkop Lingga Razia Apel Berbakteri Asal AS
Oleh : Nurjali
Senin | 02-02-2015 | 17:18 WIB
razia_apel_berbakteri_di_dabo.jpg Honda-Batam
Tim saat memeriksa apel yang dijual pedagang di Pasar Dabo. (Foto: Nurjali/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Dinas Kesehatan serta Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Lingga melakukan operasi di Pasar Dabo, Senin (2/2/2015). Operasi itu untuk memantau penjualan apel asal Amerika Serikat yang diduga mengandung bakteri.

"Dari semua penjual apel di kota Dabo waktu kami sidak bersama Disperindag, tidak ditemukan jenis apel Granny Smith dan Gala yang diproduksi oleh Bidast Brost dari California itu," kata Ignatius Lutti, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lingga.

Selain operasi pasar, rencananya kedua SKPD ini juga akan menurunkan tim untuk melakukan pengecekan di beberapa pasar di Daiklingga yang akan dilaksanakan pada Selasa (3/2/15) besok. Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan bahwa apel asal Amerika yang saat ini banyak diberitakan tersebut tidak masuk ke pasar Lingga.

Lutti menjelaskan, bakteri Listeria monocytogene dapat tumbuh di mana-mana, dan juga tumbuh optimal pada suhu 2-5 derajat Celcius. Terutama hidup di kulit buah yang sudah busuk.

"Oleh karena itu kami mengimbau untuk tidak memasukkan buah-buahan yang sudah busuk ke dalam kulkas karena akan dapat menimbulkan bakteri ini," katanya.

Sementara Kepala Bidang Perdagangan, Disperindagkop Kabupaten Lingga, Muhammad Najib, mengatakan, razia ini dilaksanakan untuk menanggapi surat dari Balai POM RI yang memberikan imbauan kepada jajaran di kabupaten/kota atau provinsi untuk melakukan pengecekan ke lapangan tentang isu apel berbakteri tersebut.

"Jadi kita harap masyarakat tidak cemas makan apel karena apel yg mengandung bakteri ini hanya satu jenis saja yaitu apel jenis Granny Smith dan Gala yang diproduksi oleh Bidast Brost di California dengab kode CA 93312," terang Najib. (*)

Editor: Roelan