Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

PWI Gelar Workshop Jurnalisme Maritim

Wartawan Kepri Harus Dorong Pengembangan Sektor Maritim
Oleh : Redaksi
Senin | 02-02-2015 | 12:12 WIB

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Provinsi Kepulauan Riau yang merupakan daerah kepulauan mesti memaksimalkan sektor maritim. Apalagi daerah lautan di Kepri mencapai 94 persen dari total luas daerah. Untuk mendorong kemajuan sektor maritim, Rektor Umrah (Universitas Maritim Raja Ali Haji) Prof Syafsir Akhlus menegaskan, peran wartawan sangat potensial.

"Sebaiknya, wartawan yang ada di Kepri ini terus mengulas perkembangan kekinian tentang maritim dan menyampaikan informasi yang menarik tentang sektor kelautan. Tujuannya, agar masing-masing pihak bisa melihat celah dan potensi di sektor maritim sebagai upaya memakmurkan amsyarakat," tutur Syafsir Akhlus, Minggu (1/2/2015).

Mengenai salah satu agenda Hari Pers Nasional (HPN) 2015 yang akan menggelar pelatihan jurnalisme maritim itu, Syafsir Akhlus mengaku itu sudah menjadi keharusan untuk digelar di daerah maritim. "Sebab, wartawan itu sangat penting perannya dalam kemajuan daerah. Hingga agenda pelatihan Jurnalis Maritim ini sangat krusial yang mesti dilaksanakan di Hari Pers Nasional 2015, karena Kepri yang merupakan daerah Maritim ditunjuk sebagai tuan rumah."

Bahkan, Akhlus mengaku sangat mendukung pelatihan jurnalisme maritim yang akan digelar di Kampus Umrah. ''Esensi dari pelatihan itu untuk membangun sektor kemaritiman di Kepri. Informasi terkait sektor kemaritiman menjadi menarik lantaran yang dialtih merupakan hal yang bermanfaat untuk Kepri. Harus kita akui, potensi maritim Kepri selama ini belum tergarap secara maksimal,'' ucap Syafsir Akhlus.

Menurutnya, dari fakta sejarah, Kepri ini dahulunya pernah lebih maju dari Malaysia dan Singapura. ''Jika hari ini Kepri hanya maju, berarti baru kembali ke titik nol. Kepri harus lebih maju dari kedua negara itu, karena sejarah mengatakan Kepri memang lebih dari mereka," katanya.

Untuk itulah, maka dalam rangkaian kegiatan Hari Pers Nasional (HPN) 2015 ini akan digelar Workshop Jurnalisme Maritim, Selasa 3 Februari 2015 di Kampus Umrah Pulau Dompak, Tanjungpinang. 

"Kami memberikan pembekalan kepada wartawan dan mahasiswa di Kepri untuk membuka lebih luas lagi tentang maritim," ujar Sekretaris Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kepri, Saibansah Dardani di Batam, Minggu.

Ditambahkannya, workshop akan menghadirkan pembicara Komandan Lantamal IV Tanjungpinang Laksamana Pertama (Laksma) TNI Sulistiyanto, Rektor Umrah Prof DR Syafsir Akhlus M.Sc, dan Priambodo dari LKBN Antara, serta dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepri, Ediwan. Keynote speakernya adalah Bupati Natuna Ilyas Sabli. (*)

Editor: Dodo