Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Harga Bawang Merah di Batam Turun Signifikan
Oleh : CR-12
Senin | 02-02-2015 | 11:38 WIB
bawang_toss.jpg Honda-Batam
Pedagang bawang di Pasar Toss 3000 diserbu pembeli seiring dengan turunnya harga komoditas tersebut. (Foto: Naldi/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Harga bawang merah di pasar tradisional Batam terpantau mengalami penurunan signifikan dari Rp25 ribu menjadi Rp14 ribu per kilogram.

Di Pasar Toss 3000, Senin (2/2/2015), harga bawang merah dari Jawa merosot tajam. "Tadinya Rp25 ribu, sekarang Rp14 ribu," kata Heri, pedagang bawang merah di Pasar Toss 3000. 

Uniknya, Joni menyebut turunnya harga bawang merah asal Jawa ini lantaran gagal panen di daerah pemasok. Pasokannya melimpah, namun kualitasnya sangat buruk.

Sementara, untuk bawang merah asal Medan juga mengalami penurunan harga dari Rp18 ribu menjadi Rp8 ribu. Komoditas yang sama asal Thailand juga turun harga menjadi Rp14 ribu dari Rp20 ribu.

"Hari ini harga bawa semua turun, karena pasokan melimpah tapi kualitasnya sangat buruk," ujarnya

Heri menjelaskan hasil panen yang buruk menjadikan bawang turun sangat drastis dengan demikian para pedagang pun tidak berani menjual dengan harga normal atau sebelumnya.

Para pedagang bawang pun mengakui dengan harga turun ini, makin bertambahnya para pembeli yang membeli banyak. "Ya bagus, kalau harga bawang turun, jadi saya bisa beli lebih dari 2 kilogram," kata Yati, salah satu pembeli.

Editor: Dodo