Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kebakaran Hutan di Bukit Belian Diduga Ada Unsur Kesengajaan
Oleh : Romi Chandra
Sabtu | 31-01-2015 | 18:55 WIB
bukit_belian.jpg Honda-Batam
Sebagian kecil kawasan bukit Belian yang sudah dikeruk. (Foto: Romi/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kebakaran hutan di Bukit Pulau Penambi, RT 01/ RW 06 Kampung Tua Belian, Batam Kota, diduga ada unsur kesengajaan dari pihak-pihak tertentu yang akan melakukan reklamasi (penimbunan laut) di sekitar bukit tersebut.

Pasalnya, warga sekitar melihat ada orang asing yang datang dan melakukan pengukuran di sekitar lokasi tersebut. Saat ditanya warga, mereka mengaku dari perusahaan yang tidak disebutkan namanya.

"Kemarin, Jumat (30/1/2015), ada yang datang ke sini seperti mengukur lahan dan mensurvei lahan yang ada di sini. Kami kira itu dari Otorita (BP Batam), ternyata pas ditanya ia megaku dari perusahaan. Tapi tidak menyebutkan apa nama PT-nya," terang Andreas, salah satu warga sekitar lokasi, Sabtu (31/1/2015).

Ia juga menampik kalau kebakaran itu dilakukan oleh warga sekitar. Sebab, hasil hutan merupakan mata pencaharian untuk memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari selain menjadi nelayan.

Seperti yang dikatakan Anton (70), tokoh yang dituakan di daerah tersebut. Ia mengatakan sudah tinggal di sana sejak tahun 70-an dan belum pernah yang namanya hutan terbakar. Ia juga menyakini kalau ada pihak lain membakar sebagai upaya pengusiran warga yang tinggal di kaki bukit itu.

"Jika memang ada dari PT yang mau membangun di sini, saya akan melawan. Sudah sejak tahun 70 saya tinggal di sini. Hutan itu jadi tempat kami berkebun, tapi sekarang sudah habis terbakar. Malahan pemadam saja tidak mau turun," gerutunya.

Ia juga menyayangkan pembakaran hutan itu. Menurutnya, jika ada upaya untuk pengungsian warga yang hanya dihuni oleh sepuluh keluarga, apa salahnya dimusyawarahkan baik-baik.

"Kami memang rakyat kecil, tapi jangan lebih ditindas lagi. Meskipun saya sudah tua, saya tetap lawan kalau itu disengaja," tegasnya.

Pantauan di lokasi, sebagian kecil bukit yang berada di pinggir jalan tampak sudah dikeruk dan diratakan. Bahkan api menurut keterangan warga berasal dari sekitar lokasi tersebut.

Sebelumnya, bukit di kawasan Pulau Penambi, RT 01/ RW 06 Kampung Tua Belian, Batam Kota terbakar. Pantauan di lokasi, api sudah memakan sebagian bukit, sementara tidak satupun terlihat mobil pemadam kebakaran di lokasi, Sabtu (30/1/2015) siang.

Menurut keterangan masyarakat sekitar, kebakaran hutan tersebut rerjadi sekitar pukul 14.00 WIB. Belum diketahui asal api, namun warga sekitar menduga ada unsur kesengajaan dari pihak yang memiliki kepentingan.

Editor: Dodo