Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Mahasiswa Politeknik Negeri Batam Rancang Sepeda Penyapu Sampah
Oleh : CR-9
Sabtu | 31-01-2015 | 16:10 WIB
sepeda_penyapu_sampah.jpg Honda-Batam
Sepeda penyapu sampah rancangan mahasiswa Politeknik Batam.

BATAMTODAY.COM, Batam - Mahasiswa Politeknik Negeri Batam kembali menorehkan prestasi di dunia otomotif dan industri, kali ini mahasiswa Jurusan Teknik Mesin, berhasil membuat hal yang baru yaitu sepeda penyapu sampah.

Nizar, salah seorang mahasiswa yang merangkai sepeda penyapu sampah tersebut, mengatakan ide pembuatan ini berawal saat melihat petugas kebersihan menyapu sampah di pinggir jalan.

"Jadi saya pikir kenapa saya tidak mencoba membuat hal baru yang bisa meringankan pekerjaan mereka," ujar Nizar kepada BATAMTODAY.COM, Sabtu (31/1/2015).

Sepeda penyapu sampah kering ini bekerja seperti kincir air. Saat sepeda dijalankan maka, rantai yang terhubung dari gear yang terpasang di roda depan sepeda akan memutar conveyor.

"Conveyor yang dipasangi dengan empat sapu yang ada di depan dan dua di samping kiri dan kanan akan bermutar, untuk menyapukan sampah kedalam tong sampah yang berada di bawah," tambah Nizar.

Dosen Pembimbing Muhammad Hasan Albana menjelaskan hasil karia Mahasiswa ini juga merupakan sebagian tugas yang diberikan dosen untuk merancang alat sesuai kebutuhan saat ini.

"Mereka boleh membuatnya secara pribadi atau tim, sesuai dengan tingkat kerumitan dan besarnya biaya yang akan dikeluarkan dalam pembuatan tugasnya," jelas Hasan.

Hasan juga mengatakan, hasil karya mahasiswanya ini kedepan akan didaftarkan dalam Hak Atas Kekayaan Intektual (HAKI) untuk melindungi hak cipta mahasiswanya.

Tidak hanya sepeda penyapu sampah yang diciptakan oleh mahasiswa-mahasiswa ini, diantara mereka ada juga yang membuat mobil gokart, memodifikasi dan merakit sepeda motor, dan yang tidak kalah menarik adalah alat perontok bulu ayam yang sedikit berbeda dengan alat perontok bulu ayam yang telah ada di pasaran.

Editor: Dodo