Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Diralat, UN SLTP Bukan 4-6 Mei Tapi 4-7 Mei
Oleh : Redaksi
Jum'at | 30-01-2015 | 14:00 WIB
Ujian-Nasional.jpg Honda-Batam
Foto ilustrasi/net

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meralat informasi pelaksanaan ujian nasional (UN) SMP/MTs tahun 2015. Seperti informasi yang beredar di masyarakat melalui media massa bahwa UN SMP/MTs dilaksanakan pada 4-6 Mei 2015, Kemendikbud meralatnya dan UN untuk SMP/MTs dilaksanakan selama empat hari, yakni 4-7 Mei 2015.

"UN untuk tingkat SMP dan sederajat terdiri atas empat mata pelajaran," kata Nizam, Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik), Kemendikbud, dalam jumpa pers di Jakarta pada Kamis (29/1/2015).

Sementara hasil UN SMP/MTs diumumkan pada 10 Juni 2015.

Nizam kembali menegaskan, UN tahun ini tidak lagi digunakan sebagai penentu kelulusan siswa. Kewenangan ini sepenuhnya diserahkan kepada sekolah.

Menurut Nizam, otonomi penetapan kelulusan siswa menjadi hak sekolah karena selama tiga tahun menempuh pendidikan, guru mengamati dan menilai seluruh kompetensi siswa. Dari sanalah guru kemudian dapat menetapkan apakah siswa tersebut pantas lulus atau belum.

Meskipun sekolah yang sepenuhnya menentukan kelulusan siswa, namun Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) menetapkan nilai standar minimal kelulusan yang harus diacu oleh sekolah. Untuk dinyatakan lulus, siswa setidaknya memenuhi nilai 5,5 untuk setiap mata pelajaran dan rata-rata minimal 5,5. Ketentuan ini dituangkan dalam prosedur operasi standar (POS) yang disusun oleh BSNP.

"Nilai akhir itu ditetapkan dari gabungan antara nilai rapor dan nilai ujian sekolah. Nilai inilah yang menjadi syarat kelulusan siswa," ujar Nizam, sepert dikutip dari laman kementerian. (*)

Editor: Roelan