Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pemkab Karimun Awasi Peredaran Apel Granny Smith dan Gala
Oleh : Khoiruddin Nasution
Jum'at | 30-01-2015 | 12:28 WIB
cek_apel_karimun.jpg Honda-Batam
Aparatur Pemkab Karimun saat melakukan cek lapangan soal peredaran apel terpapar bakteri.

BATAMTODAY.COM, Karimun - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karimun melalui Diskop, UKM dan Perindag bersama Dinas Kesehatan melakukan pengawasan terhadap buah apel merek Granny Smith dan Gala dari California Amerika Serikat. Apel jenis itu disinyalir terkontaminasi bakteri Listeria Monocytogener yang dapat menurunkan daya tahan tubuh.

Kabid Perindustrian Dalam Negeri Diskop, UKM dan Perindag Kabupaten Karimun, Nusirwan kepada BATAMTODAY.COM mengatakan, pengawasan itu  dilakukan berdasarkan surat Deputi Bidang Pengawasan Keamanan Pangan dan Bahan Berbahaya No SV.04.01.15.0302 tanggal 23 Januari 2015, perihal Foodborne Disease Outbreak terkait konsumsi apel karamel asal Amerika Serikat.

"Pengawasan ini sebagai tindaklanjut larangan yang sudah diumumkan Kemdag RI. Sebab para importir buah Indonesia telah mengimpor apel jenis Granny Smith dan Gala. Kedua jenis apel tersebut, diduga terkontaminasi bakteri Listeria Monocytogener," ujarnya, Jum'at (30/1/2015) dikolong.  

Dikatakan, pada hari pertama ini, pengawasan dilakukan kesetiap distributor dan pengecer buah-buahan se-Kecamatan Karimun. Sedangkan untuk Kecamatan lainnya akan dilaksanakan secara bertahap.

"Kita sudah cek kelapangan dan tidak ditemukan dua jenis apel yang dilarang itu. Apel yang ada di distributor serta pengecer memang bermerek Granny Smith dan Gala, tapi berasal dari Washington, bukan dari California, Amerika Serikat," katanya.

Namun jika pada pengawasan berikutnya menemukan apel yang dilarang tersebut maka pihaknya akan menyerahkan ke Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Provinsi Kepri.

"Kita hanya melakukan pengawasan dan mendata. Apabila memang ada temuan nantinya, terlebih dahulu kita laporkan temuan itu ke atasan,"terangnya.

Pada kesempatan itu, Nusirwan mengimbau kepada distributor untuk tidak mengecerkan dua jenis buah apel asal California, Amerika Serikat tersebut ke pengecer.

"Masyarakat sebagai kinsumen untuk tidak membeli dua jenis apel itu. Apabila sudah membeli, harap tidak mengkonsumsinya. Begitu juga dengan dan pengecer, untuk tidak menjual ke konsumen," tegasnya.

Berdasarkan informasi, bakteri Listeria Monocytogenes adalah bakteri yang dapat menyebabkan infeksi serius dan fatal pada bayi, anak-anak, orang sakit dan lanjut usia (lansia), serta orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah. 

Selain itu orang sehat yang terinfeksi akan menderita gejala jangka pendek, seperti demam tinggi, sakit kepala parah, pegal, mual, sakit perut dan diare. Infeksi Listeria juga dapat menyebabkan keguguran pada perempuan hamil.

Editor: Dodo