Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kegiatan HPN Terkesan Hanya untuk Organisasi Tertentu, Sejumlah Wartawan di Kepri Protes
Oleh : Charles Sitompul
Rabu | 28-01-2015 | 21:56 WIB
jurnalis.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pelaksanaan Hari Pers Nasional (HPN) ke 25 di Provinsi Kepri terkesan hanya dilakukan elit dan pentolan organisasi PWI. Sejumlah wartawan di Kepri, khusunya di Tanjungpinang dan Bintan memrotes hal ini.

Hengki salah seorang wartawan televisi menilai peringatan HPN ke 25 di Kepri itu, terkesan hanya melibatkan elit dan pengurus PWI saja. Sementara, wartawan yang bukan anggota PWI, termasuk wartewan elektronik TV dan radio, menurutnya tidak pernah dilibatkan dan diundang dalam peringatan HPN tersebut. 

Pertanyaan yang sama, kata Hengki juga diungkapakan wartawan RRI Natuna dan Tanjungpinang, yang sampai saat ini, tidak tahu dan mengerti apa tujuan dan kegiatan HPN yang ke 25 di Kepri tersebut.

Bahkan, anggota senior PWI Kepri, Abdul Hamid dari Majalah Perisai Kepri, juga mengeluhkan hal yang sama. Namun Hamid membantah dan tidak setuju jika kegiatan HPN ke 25 yang dilaksanakan di Kepri, hanya diperuntukan khusus untuk anggota PWI.

"Saya sendiri sebagai anggota PWI yang sudah dari dulu tidak paham dan tahu apa maksud dan tujuan HPN yang diselenggarakan di Kepri ini. Karena para elit PWI Kepri sendiri, juga tidak pernah mengajak dan mengundang kita untuk berpartisipasi," kata Hamid.

Hamid menambahkan panitia dapat mengundang dan melibatkan semua wartawan dari seluruh media yang ada di Kepri dalam berbagai kegiatan agar kebersamaan wartawan sebagai pilar keempat dalam pembangunan demokrasi Indonesia, benar-benar dapat dirasakan semua insan pers.

"Jadi jangan gara-gara dana Rp3,5 miliar, ada segelintir orang yang sesuka hatinya menggunakan dana tersebut untuk kepentingan kelompok dan golongan. Kita perlu mengingatkan, jika penggunaan dana hibah untuk peringatan HPN ini bersumber dari APBD yang merupakan uang rakyat yang harus dipertanggungjawabkan sesuai dengan aturan hukum yang berlaku," kata Hamid yang juga Ketua Dewan Pembina dan Pengagas Kepri Corruption Watch (KCW) Kepri ini.

Terpisah, Kabag Humas Provinsi Kepri, Zulkifli yang dikonfirmasi dengan keluhan dan tanggapan wartawan ini, mengatakan akan menyampaikan hal tersebut pada Panitia Pelaksana HPN. Namun demikian, dia juga mengatakan kalaupun belum diundang, hendaknya semua wartawan di Kepri dapat berpartisipasi  menyukseskan acara ini.

"Tak boleh ada yang tertinggal dan merasa tidak dilibatkan, kita harus sama-sama menyukseskan. Mengenai undangan, memang sampai saat ini belum ada dan nanti kalau sudah ada akan diberikan pada masing-masing wartawan media massa yang ada di Kepri ini," kata Zulkifli.

Editor: Dodo