Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tolak Pembubaran BEM, Ribuan Mahasiswa UPB Demo di Kampus Besok
Oleh : Gabriel P Sara
Selasa | 27-01-2015 | 18:32 WIB
UPB.jpg Honda-Batam
Foto dok/BATAMTODAY.COM

BATAMTODAY.COM, Batam - Ribuan mahasiswa Universitas Putera Batam (UPB) mengancam akan menggelar demo besar-besaran pada Rabu (28/1/2015) besok. Demo yang digelar di depan kampus itu buntut penolakan mahasiswa terhadap pihak kampus yang ingin membubarkan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UPB.

Donal Togatorap, salah satu pengurus BEM UPB, mengatakan, mahasiswa menolak atas tindakan pihak universitas yang semena-mena ingin membubarkan BEM. Menurutnya, selama ini BEM UPB selalu senantiasa menjunjung tinggi dan ingin membuat perubahan agar kampus mereka setara dengan kampus-kampus yang ada di Indonesia lainnya.

"Banyak kejanggalan, kita berniat baik agar ada perubahan ke depannya. Nggak mungkin juga seperti ini terus. Ini juga untuk kebaikan dan nama kampus ini. Kalau seperti ini saya rasa mahasiswa di luar sana pun tidak terima, apa alasan BEM dibubarkan," tegas Donal kepada pewarta, Selasa (27/1) siang.

"Kami bingung melihat kampus ini. Bisa-bisanya rektor semena-mena membubarkan kepengurusan BEM ini tanpa ada koordinasi dengan pengurus BEM sendiri. Tak hanya itu, setiap pelanggaran terhadap norma, nilai dan peraturan yang ada secara individu maupun lainnya harus diberikan sanksi sesuai aturan yang ada," imbuh Donal.

Sementara itu Presiden Mahasiswa UPB, Feri Budianto, menanggapi, dikeluarkannya SK pembubaran kepengurusan BEM ini adalah respon yang menunjukkan ketakutan pihak rektorat dan pengambil kebijakan yang merasa terganggu kenyamanannya. Bahkan pelanggaran yang dilakukan akan terungkap. 

"Saya tahu apa alasan pihak perguruan tinggi ini membubarkan kepengurusan BEM ini, karena ketakukan untuk mengambil kebijakan terhadap rektor itu. Mereka merasa terganggu kenyamanannya, bahkan pelanggaran yang dilakukan takut terungkap," katanya.

Karena itu, imbuh dia, dengan keputusan yang diambil sepihak tersebut BEM bersama ribuan mahasiswa baik yang di Nagoya, Tiban dan Tembesi, akan melakukan demo di depan kampus UPB.

"Saya harap, yang merasa mahasiswa UBP, besok harus hadir untuk melakukan aksi. Jangan mau ditindas terus. Kita harus buat perubahan untuk kita dan kampus ini agar nantinya tidak mempersulitkan kita lagi," harap Ferry. (*)

Editor: Roelan