Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Wah, Kopi Ternyata Mengandung Protein Mirip Morfin
Oleh : Redaksi
Senin | 26-01-2015 | 09:47 WIB
shutterstock_87855436-800x430.jpg Honda-Batam
Foto: shutterstock

BATAMTODAY.COM - ILMUWAN Brazil telah menemukan protein dalam kopi yang memiliki efek mirip dengan pereda nyeri, morfin. Demikian kata Embrapa, peneliti di Universitas Brasilia (UNB) dan Pusat Riset Pertanian Brasil, Sabtu (24/1/2015).

Embrapa mengatakan, para ilmuwan UNB telah menemukan "fragmen protein yang sebelumnya tidak diketahui" dengan efek mirip morfin yang memiliki kualitas "analgesik dan penenang".

Peneliti yang menguji coba pada tikus laboratorium menunjukkan bahwa peptida opioid, yang merupakan molekul biologis alami, tampaknya memiliki efek tahan lama pada tikus daripada morfin itu sendiri.

"Penemuan memiliki potensi bioteknologi pada industri makanan yang sehat dan juga bisa membantu mengurangi stres pada hewan di rumah jagal," kata Embrapa seperti dilansir Medical Xpress.

Pada 2004 lalu, Embrapa berhasil mengurutkan genom fungsional kopi, yang merupakan langkah besar bagi perusahaan dan UNB untuk menggabungkan gen kopi dengan maksud untuk meningkatkan kualitas biji-bijian. (*)

Editor: Roelan