Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Gubernur Kepri Kembali Turunkan Tarif Ferry Batam - Tanjungpinang
Oleh : Charles Sitompul
Rabu | 21-01-2015 | 19:00 WIB
gubernur-kepri-muhammad-sani.jpg Honda-Batam
Gubernur Provinsi Kepri, Muhammad Sani.

‎BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Gubernur Provinsi Kepri, Muhammad Sani kembali menurunkan tarif ferry tute Batam - Tanjungpinang yang akan diberlakukan mulai Kamis (22/1/2015) besok.

Pada Rabu (21/1/2015), Sani meneken tarif baru untuk trayek tersebut dari Rp60 ribu menjadi Rp57 ribu untuk tiket MV Marina. Sedangkan tiket MV Baruna juga turun menjadi Rp62 ribu dari Rp65 ribu. Semuanya sudah termasuk asuransi.

Sani mengatakan penurunaan tarif tiket ferrry ini dilakukan melalui lobi dan permintaan kepada pengusaha kapal MV Marina yakni Abun dan MV Baruna milik Ahak. 

‎"Dari hasil pertemuan dengan Abun, saya minta kesediaannya untuk diturunkan lagi, dan dia setuju menjadi Rp57 ribu termasuk asuransi. Sedangkan Ahak Baruna, saya juga kontak dan menyepakati menjadi Rp62 ribu termasuk asuransi," kata Sani di Gedung daerah Tanjungpinang. 

Sedangkan 15 rute tarif ferry antarpulau lainnya, dikatakan Sani tetap sesuai dengan tarif yang sudah dibahas, Dinas Perhubungan, KSOP, INSA dan pemilik kapal serta BPSK sebagai perwakilan masyarakat. 

Jika dihitung dari tarif awal, penurunan tarif ferry Batam - Tanjungpinang hampir mencapai 20 persen dari estimasi tarif yang disepakati melalui pembahasan sebelumnya, dan menurut Sani hal itu juga dihitung sesuai dengan penurunan harga BBM. 

"Dengan adanya kesepakatan ini, hari ini saya tandatangan SK-nya maka mulai besok pelaksanaan tarif sudah disosialisasikan dan dilaksanakan," kata Sani.

Menyikapi adanya fluktuasi harga BBM yang masih memungkinkan turun dan naik, Sani mengatakan akan melihat dan jika memang kembali naik maka pemberlakuan tarif baru juga akan kembali dibahas. 

Editor: Dodo