Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

TNI AL Jamin Keamanan Nelayan Anambas Saat Melaut
Oleh : Nursali
Rabu | 21-01-2015 | 10:58 WIB
nelayan_tradisional.JPG Honda-Batam
Ilustrasi nelayan tradisional.

BATAMTODAY.COM, Tarempa - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Tarempa menjamin keamanan nelayan Anambas saat melaut dengan melakukan patroli rutin untuk mengusir kapal-kapal nelayan asing.

"Kami kerahkan KAL Baruk untuk berpatroli dan sekarang sudah tak ada lagi kapal-kapal nelayan asing yang masuk ke perairan Indonesia. Jadi, nelayan Anambas jangan takut untuk melaut," kata Kapten Laut (P) Muhidin, Kepala Seksi Penerangan Lanal Tarempa, Selasa (20/1/2015) malam.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Komandan KRI Sutedi Senoputra-378, Mayor Hendra Astawan yang tidak menemukan adanya pelanggaran hukum di laut saat melakukan patroli.

"Sepanjang kita berpatroli tidak pernah menemukan kapal-kapal (nelayan) asing," kata Hendra saat dihubungi melalui ponselnya.

Komitmen TNI AL ini disampaikan menyusul adanya keluhan dari nelayan yang mengaku diintimidasi oleh kapal-kapal nelayan asing pasca-penenggelaman kapal para pencuri ikan di Anambas beberapa waktu lalu.

Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Anambas, Tarmizi menyatakan telah menyampaikan keluhan ini ke otoritas terkait seperti KKP dan TNI AL.

Editor: Dodo