Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tuntut Kejelasan BPJS, Ratusan Buruh PT Mc Connel Mogok Kerja
Oleh : Gabriel P. Sara
Selasa | 20-01-2015 | 13:10 WIB
IMG_20150120_100500.jpg Honda-Batam
Pemogokan buruh di PT Mc Connel Dowell.

BATAMTODAY.COM, Batam - Ratusan buruh PT Mc Connel Dowell Service, Tanjunguncang, Kecamatan Batuaji melakukan mogok kerja menuntut atas belum keluarnya BPJS yang dijanjikan sudah sebulan yang lalu, Selasa (20/1/2015).


"Sudah sebulan urus BPJS itu, sampai sekarang belum juga keluar, hanya janji-janji saja, sementara jaminan kepada karyawan seandainya kalau kecelakaan selama satu bulan ini tidak ada, kalau kecelakaan karyawan ini mau berobat kemana," kata salah satu buruh yang ditemui di depan pintu masuk perusahaan itu kepada BATAMTODAY.COM dengan nada kesal.

Lanjutnya, pihak HRD perusahaan tersebut tidak ada kejelasan untuk memberikan jaminan keselamatan para karyawan perusahaan tersebut. Pasalnya sebelumnya ratusan buruh tersebut masih menggunakan kartu In Health kemudian sekarang akan diganti menggunakan BPJS tidak ada juga jaminan kecelakaan.

"Sebelumnya juga sama, waktu itu masih pakai kartu In Health tidak ada jaminan keselamatan kecelakaan, sekarang juga sama, yang lebih parahnya lagi, kartu BPJS belum keluar tapi pihak HRD sudah cabut kartu In Health-nya, jadi kalau selama BPJS belum jadi, gimana dengan nasib kami, kalau ada apa-apa di tempat kerja, siapa yang bertanggungjawab, dan mau berobat kemana nantinya," keluhnya.

Hingga pukul 11.30 WIB ratusan buruh perusahaan tersebut masih melakukan mogok kerja di dalam perusahaan. Sementara belasan wartawan lokal yang ingin mengonfirmasi terkait mogok kerja yang dilakukan ratusan buruh tersebut tidak diizinkan masuk oleh pihak perusahaan.

Editor: Dodo