Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Gubernur Sani Belum Siapkan Plt Bupati Tiga Kabupaten di Kepri
Oleh : Charles Sitompul
Selasa | 20-01-2015 | 10:45 WIB
HM.Sani_Gubernur_Provinsi_Kepri_Photo_Lainya.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Gubernur Kepri, Muhammad Sani.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Gubernur Kepri, Muhammad Sani mengaku belum menyiapkan Pelaksana Tugas (Plt.) tiga bupati yang masa jabatannya akan berakhir pada tahun ini dengan alasan menunggu hasil pembahasan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu).

Adapun sejumlah bupati dan wakil bupati yang masa jabatannya akan berakhir pada 2015 ini adalah Bupati Lingga, Bintan, Anambas. Selain itu, kepemimpinan Sani dan Soerya Respationo juga akan berakhir pada Agustus 2015.   

"Kita masih menunggu arahan dari Kemendagri serta hasil Pembahasan Perpu Pilkada Kepala Daerah di DPR-RI, khususnya dalam hal penunjukan Plt ini nantinya seperti apa," kata Sani, Senin (19/1/2014).
 
Selain jabatanya sebagai Gubernur akan berakhir pada Agustus 2015, Sani juga mengakui jika dilakukan Pemilukada serentak di Kepri, ada empat jabatan kepala daerah yang akan diduduki oleh Plt. Pertama tentunya untuk posisi Gubernur serta Bupati Bintan, Anambas dan Lingga. 

"Apabila disetujui DPR mengenai Perppu tersebut, maka Pemilihan Gubernur Kepri, pemilihan Bupati Bintan, Lingga, dan Anambas, akan digelar serentak Oktober 2015, mendatang, dan kalau memang di-Plt-kan tentu harus kita persiapkan siapa-siapa pejabatnya untuk mengisi kekosongan jabatan itu," kata dia.

Diwacanakan, pelaksanaan Pilkada kepala derah akan dilaksana serentak dengan dua gelombang, pertama Oktober 2015 ini dilakukan 203 daerah. Selanjutnya gelombang kedua akan dilakukan pada 2018 oleh 285 daerah di Indonesia.

Pemilihan Gubernur Kepri, pemilihan Bupati Bintan, Lingga, dan Anambas masuk grup gelombang pertama, yang akan digelar secara serentak pada Oktober 2015 mendatang.

Bupati Lingga Daria dan Wakil Bupati Abu Hasim dilantik pada tanggal 12 Agustus 2010 lalu. Sementara Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas Tengku Mukhtarudin dan Wakilnya Abdul Haris dilantik pada 9 Agustus 2010.

Bupati Bintan Ansar Ahmad dan Wakilnya Khazalik dilantik pada 10 Agustus 2010 dan masa jabatanya juga akan berakhir sama dengan Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri pada 20 Agustus 2015 mendatang.

Editor: Dodo