Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Selain Modal, Nasabah BTPN Juga Dibekali Ilmu Manajemen Keuangan dan Usaha
Oleh : Gokli Nainggolan
Sabtu | 17-01-2015 | 09:46 WIB
Bank BTPN Batuaji.jpg Honda-Batam
Bank BTPN Cabang Batuaji. (Foto: Gokli Nainggolan/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Nasabah Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) bisa mendapat keuntungan ganda. Selain diberikan pinjaman modal usaha, nasabah juga dibekali ilmu manajemen keuangan dan usaha.

Pembekalan ini sebagai program BTPN untuk memberdayakan nasabah menuju pertumbuhan kinerja bisnis yang prima dan berkelanjutan. "BTPN mengimplementasikan sebuah model bisnis yang mengintegrasikan misi sosial dan misi bisnis dalam produk, layanan serta kegiatan sehari-hari. Sinergi antara kedua misi tersebut tercermin melalui 'Daya', sebuah program pemberdayaan yang dilaksanakan BTPN secara berkelanjutan dan terukur," kata Hendra Fauzi, Branch Manager (BM) BTPN cabang Batuaji, Jumat (16/1/2015) sore.

"Daya diperuntukkan bagi seluruh nasabah BTPN. Mengadopsi kurikulum kuliahan, yang bekerja sama dengan universitas," imbuh Fauzi.

Pembekalan ilmu manajemen keuangan dan bisnis itu dilakukan dua kali dalam sebulan. Para nasabah akan dibimbing fasilitator BTPN yang sudah lulus training modul--panduan kurikulum pelatihan.

Area Daya Spesialis (ADS) BTPN, Lois William Sinaga, menambahkan, pelatihan yang diberikan kepada nasabah manajemen keuangan dan usaha. Para nasabah akan dibimbing untuk mengelola keuangan dan mengembangkan usaha.

Sejauh ini, kata Willi, panggilan akrab Lois William Sinaga, BTPN menjalin kerja sama dengan program studi Manajemen dan Bisnis IPB, UI dan Atmajaya. Kerja sama terhadap ketiga perguruan tinggi tersebut dilakukan untuk penyusunan modul, setelah melakukan survei dan penelitian adanya korelasi antara frekuensi mengikuti program pelatihan dengan meningkatkan dan penurunan biaya operasional usaha nasabah.

"Sudah ada 27 modul untuk pelatihan bagi nasabah. Mudul utama Manajemen Keuangan dan Usaha, yang selalu disesuaikan dengan kebutuhan nasabah," jelasnya.

Pelatihan yang dilakukan bagi nasabah dua kali sebulan untuk keterampilan usaha dan pengenalan usaha baru tanpa mengganggu usaha yang sudah ada. Pelatihan ini juga berlaku untuk nonnasabah, dengan sistem mengundang ADS BTPN.

"Untuk nasabah, BTPN yang undang ke kantor cabang. Sedangkan untuk nonnasabah, ADS yang diundang untuk melakukan pelatihan secara gratis," jelasnya.

Secara nasional, sepanjang Januari-September 2014, BTPN telah melakukan 100.520 aktivitas Daya, dan tumbuh 69 persen dari periode yang sama tahun lalu. Sedangkan penerima Daya atau penerima manfaat mencapai 1.303.301 nasabah, meningkat 23,3 persen.

"Nasabah di BTPN Batam periode Januari-September 2014 mencapai 800 orang, sekitar 60 persen telah mengikuti program Daya," tutupnya. (*)

Editor: Roelan