Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jadi Nasabah BTPN, Bisa Dapat Pinjaman Rp2 Miliar
Oleh : Gokli/CR-10
Jum'at | 16-01-2015 | 17:48 WIB
pelatihan btpn.jpg Honda-Batam
Manajemen BTPN memberikan pelatihan pengembangan usaha bagi nasabahnya. (Foto: Gokli/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Masyarakat berpenghasilan rendah dan pra sejahtera di Kepri yang menjadi nasabah Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN) bisa mendapat pinjaman modal usaha hingga Rp2 miliar.

Hal ini disampaikan Branch Manager (BM) BTPN cabang Batuaji, Hendra Fauzi, Jumat (16/1/2015) siang. Ia menyampaikan, pinjaman modal usaha yang ditawarkan bagi nasabah mulai dari Rp5 juta - Rp2 miliar, sesuai dengan jenis usaha yang digeluti nasabah tersebut.

"Ada tiga kelas pinjaman modal usaha yang ditawarkan untuk nasabah BTPN. Tergantung jenis usaha nasabah itu sendiri," kata dia.

Dijelaskannya, tiga jenis pinjaman modal usaha yang ditawarkan BPTN, masing-masing Produk Bebas--pinjaman tanpa jaminan mulai dari Rp5 - Rp50 juta, Produk Fleksi--pinjaman mulai dari Rp50-Rp100 juta yang disertai jaminan, dengan melihat potensi perkembangan usaha, serta Produk Mapan--pinjaman mulai Rp100-Rp2 miliar, bagi pelaku usaha pra sejahtra dengan jaminan berupa sertifikar rumah maupaun tanah.

"Suku bunga untuk pinjaman ini sangat fleksibel," ujarnya.

Selain itu, sambung Hendra, BPTN tak hanya sekedar memberikan pinjaman modal usaha bagi nasabah. Menurut dia, BPTN memiliki keunikan tersendiri, dimana setelah diberikan pinjaman akan didampingi untuk mengelola usaha nasabah tersebut menuju pertumbuhan.

Bahkan, katanya lagi, sesama nasabah memiliki kesempatan yang sama untuk saling mempromosikan usahanya masing-masing, melalui pelatihan yang diberikan BTPN.

"BTPN juga memberikan kemudahan bagi nasabah. Pembayaran angsuran akan dijemput langsung oleh kredibetur, tanpa merepotkan nasabah," paparnya.

Sekilas mengenai BTPN, untuk layanan Bank pensiun sudah dipercaya sejak 58 tahun lalu. Sedangkan untuk bisnis dimulai sejak tahun 2009, dengan empat unit bisnis, dan satu anak perusahaan.

Ke-4 unit bisnis itu, masing-masing BTPN Purna Bakti--unit bisnis yang fokus melayani nasabah pensiunan, BTPN Mitra Usaha Rakyat (MUR)--unit bisnis yang fokus melayani pelaku usaha mikro dan kecil, BTPN Mitra Bisnis--unit bisnis yang melayani usaha menegah, dan BTPN Sinaya--unit bisnis untuk pendapatan BTPN, serta anak perusahaan BPTN Syahriah, yang fokus melayani komunitas prasejahtera produktif.

BTPN wilayah Kepri terdapat di Batuaji dan Jodoh (Batam), Tanjungpinang dan Tanjungbalai Karimun.

Editor: Dodo