Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Menpar Harapkan Pembangunan Funtasy Island di Batam Bantu capai Target 20 Juta Wisman
Oleh : Surya
Jum'at | 16-01-2015 | 14:30 WIB
Funtasy_land.jpg Honda-Batam
Funtasy Island

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengatakan, di Batam saat ini sedang dibangun Funtasy Island, eco theme park terbesar sedunia yang dibangun perusahaan Singapura-Indonesia.


Pembangunan Funtasy Island ini diharapkan bisa mendongkrak kunjungan wisatawan ke Indonesia, khususnya di Batam setiap tahunnya.
.
"Tambah bagus karena itu di posisi kita. Jadi, saya sudah targetkan itu. Pokoknya saya mau meningkat minimal 25%. Dari 2 juta menjadi 2,5 juta. Saya ingin naik 500 ribu," kata Arief di Jakarta, Jumat (16/1/2015).

Menurut Arif,  pembangunan Funtasy Island yang diperkirakan akan beroperasi akhir 2015 ini dapat meningkatkan pendapatan devisa  negara dari kunjungan  wisatawan mancanegara mencapai 12,05 dolar AS pada tahun ini.

Menurut dia, secara makro kondisi pariwisata Indonesia pada 2014 cukup cerah, untuk itu pihaknya menetapkan target lebih tinggi pada 2015 yakni jumlah kunjungan wisman sebesar 10 juta atau tumbuh sekitar 7-8 persen.

Pihaknya juga menargetkan mampu memobilisasi wisatawan nusantara (wisnus) hingga 254 juta perjalanan dan pengeluaran wisnus Rp201,5 triliun.

"Kami juga berharap jumlah tenaga kerja langsung, tidak langsung, dan ikutan pada sektor pariwisata bisa sebanyak 11,3 juta orang," katanya.

Arief melaporkan angka sementara capaian pariwisata 2014 antara lain kontribusi pariwisata terhadap perekonomian (PDB) nasional sebesar 3,78 persen dari target sebesar 4,25 persen; devisa yang dihasilkan oleh pariwisata sebesar 10,69 miliar dolar AS.

"Dari target sebesar 12 miliar dolar AS, jumlah tenaga kerja langsung, tidak langsung, dan ikutan sebanyak 11,21 juta orang atau di atas target sebesar 8,74 juta orang," katanya.

Ia menyebutkan secara makro target 2019 kontribusi pariwisata terhadap PDB nasional akan menjadi 8 persen, devisa yang dihasilkan sebesar Rp 240 triliun, serta menciptakan 13 juta lapangan kerja.

Selain itu target kunjungan wisman meningkat menjadi 20 juta wisman dan wisnus naik menjadi 275 juta, serta daya saing pariwisata Indonesia akan meningkat berada di ranking 30 besar dunia.

Dalam regulasi, pemerintah melakukan trobosan di antaranya dengan memberikan bebas visa kunjungan singkat (BVKS) bagi 5 negara yakni; Australia, Jepang, Korea, China, dan Rusia yang mulai diterapkan tahun 2015.

Selain itu memberikan kemudahan perizinan masuknya kapal layar (yacth) ke perairan Indonesia dalam upaya mendorong masuknya para yachter internasional yang menjadi bagian penting dari pengembangan wisata bahari (marine tourism) di Tanah Air.

Seperti diketahui, Funtasy Island adalah nama pulau yang akan menjadi lokasi taman rekreasi ramah lingkungan terbesar sedunia. Lokasinya di Kepulauan Riau. Pulau ini dikelola oleh perusahaan patungan Indonesia yaitu PT Batam Island Marina dan Funtasy Island Development (FID) Pte Ltd, bekerjasama dengan Seven Seas Funtasy Venture Pte Ltd yang akan mengelola taman rekreasinya.

Funtasy Island Development Pte Ltd (FID) didirikan pada tahun 2010 untuk mewujudkan visi terbesar eco park di dunia. Memenuhi ini adalah S $ 300.000.000 pengembangan sekelompok enam pulau ke Funtasy Island. FID memiliki kehadiran regional di Cina, Hong Kong, Indonesia, dan Malaysia

Eco-theme park terbesar sedunia ini berada di lahan seluas 328 hektar dengan lanskap alami. Taman rekreasi ini terletak 16 Km selatan Singapura, dan 6 km timur Batam begitu yang disebut dalam situs resminya. Rencananya tempat ini akan buka pada akhir 2015.

Sejak 1980 lalu,  PT Batam Island Marina telah membangun berbagai perkembangan di Jakarta, di kota-kota besar di pulau Jawa dan Bali, dan di Provinsi Riau. Dengan track record-nya untuk proyek-proyek dari standar yang tinggi dalam semua aspek dari kualitas pengembangan situs kreatif, PT Batam Island Marina telah mendapatkan reputasi sebagai spesialis dalam mengembangkan properti berkualitas tinggi di lokasi utama di seluruh Indonesia.

Proyek-proyek besar yang dibangun PT Batam Island Marina antara lain Kota Bali Resort, Xsport Senayan dan Pluit Mega Mall di Jakarta, IBN Menara di Batam, dan Novus Gawana Resort di Bali.

Editor: Surya