Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

The Black Crowes Umumkan Bubar
Oleh : Redaksi
Jum'at | 16-01-2015 | 11:16 WIB
blackcrowes.jpg Honda-Batam
The Black Crowes.

BATAMTODAY.COM - Setelah lebih dari setahun setelah konser terakhir, The Black Crowes, grup rock itu mengumumkan bahwa mereka membubarkan diri. 

"Ada kekecewaan dan penyesalan yang hebat. Setelah mempunyai kebanggaan untuk menulis lagu dan manggung bersama The Black Crowes selama 24 tahun, sekarang saya berada di posisi untuk mengumumkan band ini bubar," ucap gitaris Rich Robinson seperti dikutip oleh Rolling Stone.

Lanjutnya, "Saya menghabiskan waktu bersama The Black Crowes dengan rasa hormat dan penghargaan yang tulus. Ini adalah tempat saya hidup dan bekerja. Saya tidak bisa lebih bangga dengan apa yang kami capai dan sangat tersentuh dengan hubungan orang-orang yang hidup bersama musik kami. Saya mencintai saudara saya dan menghargai talentanya, tapi ada masalah dengan gaji dari mitra dan drummer kami selama 28 tahun, Steve Gorman yang bagiannya diubah menjadi karyawan dengan gaji bulanan. Itu bukan sesuatu yang saya setujui.”

The Black Crowes merilis album pertamanya, Shake Your Money Maker pada 1990 dan berkat hits seperti "Hard to Handle" dan "She Talks to Angels" membuat mereka mendapat lima sertifikat platinum. Lalu dilanjutkan dengan The Southern Harmony and Musical Companion yang berhasil mendapat dua sertifikat platinum dengan lagu hits "Sting Me," "Remedy" dan "Thorn in My Pride."

Album ketiga, Amorica adalah album terakhir mereka yang mendapat satu sertifikat platinum, walaupun tanpa adanya lagu yang masuk ke tangga lagu Billboard Hot 100. Total mereka merilis sembilan album.

Kabar bubarnya The Black Crowes tidak terlalu mengejutkan mengingat kakak beradik Rich dan Chris Robinson saling berseteru selama riwayat band ini. Mereka juga sempat dua kali memutuskan vakum. Dalam wawancara dengan Rolling Stone pada Oktober 2014, Gorman mengatakan band ini sudah selesai.

"Kemungkinan kami membuat karya sangatlah rendah. Saya akan terkejut jika The Black Crowes melakukan sesuatu lagi," ujar Gorman.

The Black Crowes terakhir kali merilis album pada 2009 dengan Before The Frost... Until The Freeze, walaupun pada 2013 mereka reuni untuk tur panjang.

"Banyak orang yang membantu dan mendukung kami selama ini. Saya ingin memberikan ucapan terima kasih dari hati yang paling dalam kepada semua penggemar kami, teman-teman di belakang layar dan semua yang pernah menjadi bagian dari The Black Crowes," pungkas Robinson.

Vokalis Chris Robinson hingga kini belum memberikan komentar apapun.

Sumber: Rolling Stone