Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hati-hati, Gelombang di Perairan Anambas dan Natuna Capai 5 Meter
Oleh : Hadli
Kamis | 15-01-2015 | 13:10 WIB
gelombang_tinggi.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Batam - Badan Metereologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Hang Nadim memperkirakan ombak di wilayah Kepulauan Riau (Kepri) mencapai 5 meter untuk perairan Natuna dan Anambas dengan kecepatan angin 85 cm per detik, Kamis (15/1/2015). 

"Untuk transportasi laut diimbau agar berhati-hati terhadap gelombang tinggi dan arus yang kencang di seluruh wilayah perairan Kepulauan Riau," imbau Kepala BMKG Batam, Philip Mustamu melalui petugas On Duty Rizki Adzani. 

Ia menambahkan, untuk wilayah perairan di Batam ombak setinggi 3,5 meter dengan kecepatan angin 25 cm per detik. Untuk Bintan dan Tanjungpinang ombak setinggi 4 meter dengan kecepatan angin 60 cm per detik. 

Di wilayah perairan Tanjung Balai Karimun, ombak setinggi 2,5 meter dengan kecepatan angin 15 cm per detik. Sedangkan untuk wilayah perairan Lingga, ombak diperkirakan setinggi 4 meter dengan kecepatan angin 50 cm per detik. 

"Ha ini dikarenakan pusaran angin (eddy) yang berada di wilayah barat Pulau Kalimantan menyebabkan massa udara yang melewati wilayah Kepri mengalami pola belokan angin (shearline) sehingga terjadi perlambatan kecepatan udara dan prakiraan kelembaban di lapisan bawah yang cukup tinggi," jelasnya. 

Editor: Dodo