Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Buruh Nyaris Bentrok dengan Ormas di PT Sanmina SCI Mukakuning
Oleh : Gabriel P. Sara
Selasa | 13-01-2015 | 13:55 WIB
sanmina-ribut.jpg Honda-Batam
Buruh PT Sanmina menghalangi manajemen mengeluarkan aset perusahaan sebelum ada kejelasan terkait nasib mereka.

BATAMTODAY.COM, Batam - Ratusan buruh yang sedang mogok kerja di PT Sanmina SCI Mukakuning nyaris bentrok dengan sekelompok pemuda anggota salah satu organisasi masyarakat (ormas) di lokasi perusahaan. Sebab, kelompok pemuda itu berupaya membatu pihak manajemen untuk mengeluarkan mesin produksi dari PT Sanmina SCI, Selasa (13/1/2015) siang.

Upaya manajemen PT Sanmina SCI untuk mengeluarkan mesin produksi langsung dihadang ratusan buruh. Mereka tak mau mesin-mesin itu dikeluarkan sebelum ada penyelesaian antara buruh dengan manajemen.

Sekretaris PUK Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) PT Sanmina SCI Mukakuning, Dedi menyampaikan, pihak perusahaan tak bisa mengeluarkan aset sebelum persolan yang ada diselesaikan terlebih dahulu. Bentrok yang nyaris terjadi, lanjutnya, disebabkan adanya pihak luar yang ikut campur.

"Manajemen campur aduk persoalan dengan melibatkan pihak luar (ormas). Saat buruh lakukan penghadangan, ormas itu juga adakan perlawanan. Beruntung cepat diredam pihak Kepolisian," jelasnya.

Buruh yang didominasi kaum hawa itu tetap melakukan penjagaan di pintu keluar lokasi perusahaan. Alhasil, mesin produksi atau aset yang akan dikeluarkan pihak manajemen itu pun batal.

"Sampai saat ini belum ada pertemuan anatara manajemen dan buruh. Kami masih tetap melakukan upaya mogok kerja dan penjagaan aset 24 jam," kata Dedi.

Informasi yang dihimpun dari para buruh lainnya, anggota ormas itu berada di lokasi perusahaan sejak pagi hari. Mereka berupaya membantu pihak manajemen PT SCI Mukakuning untuk mengeluarkan aset dari perusahaan.

Selain membantu, anggota ormas berpakaian biru tua itu juga disebut melakukan intimidasi terhadap buruh yang sedang mogok kerja.

"Ini masalah hubungan industri. Tak ada kaitannya dengan ormas. Sikap manajemen melibatkan ormas semakin memperkeruh keadaan," kata Ani, buruh lainnya.

Samapai pukul 13.05 WIB, suasana di lokasi PT Sanmina SCI Mukakuning mulai kondusif. Ratusan buruh kembali melakukan mogok kerja di lokasi perusahaan.

Editor: Dodo