Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

PDIP Kota Batam Calonkan Soerya Respationo Maju Pilgub Kepri
Oleh : CR-9
Sabtu | 10-01-2015 | 13:47 WIB
soerya_-_jamsir.jpg Honda-Batam
Ketua DPD PDI Perjuangan Kepri, Soerya Respationo bersama Ketua DPC PDI Perjuangan Batam, Jamsir.

BATAMTODAY.COM, Batam - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kota Batam sepakat mencalonkan Soerya Respationo maju dalam pemilihan Gubernur Kepri. Kesepakatan itu disebut sesuai hasil rapat pleno DPC yang diadakan 8 Januari 2015.

"Hasil keputusan rapat pleno DPC Kota Batam memutuskan Suryo Respationo untuk maju sebagai calon Gubernur Kepri 2015 nanti," kata Ketua DPC PDI Perjuangan, Jamsir di Batam Center, Sabtu (10/1/2015) siang, usai peringatan ulang tahun PDI Perjuangan ke-42.

Dikatakan Jamsir, PDI Perjuangan mempunyai aturan yang jelas dalam mencalonkan kadernya sebagai kepala daerah mulai dari Anak Ranting, Ranting, PAC, DPC, dan DPD. Namun, penjaringan kader itu harus melalui seleksi dan berbagai tahapan.

"Yang memenuhi syarat untuk maju calon Pilgub ya Soerya Respationo," ujar dia.

Sementara itu, Soerya Respationo yang saat ini menjabat sebagai Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan, menyampaikan tak bisa mengambil keputusan langsung untuk mencalonkan dirinya sebagai calon Gubernur. Sebab, dalam tubuh PDI Perjuangan harus berdasarkan amanah partai.

"Kami di PDI Perjuangan, siapa saja bisa mencalonkan dirinya. Tapi, siapa yang dicalonkan itu perintah partai. Itu pun ada mekanisme penjaringan dan penyaringan," aku Soerya.

Pria yang kini menjabat Wakil Gubernur Kepri itu melanjutkan, hasil penjaringan dan penyaringan yang dilakukan mulai dari Ranting sampai DPD akan direkomendasikan ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP). Selanjutnya, DPP yang memutuskan dan menetapkan siapa yang akan dimajukan sebagai calon pempinan daerah.

"Sebagai kader partai, kapan pun harus siapa melaksanakan amanah partai," ujarnya.

Lebih jauh Soerya menyampaikan, PDI Perjuangan satu-satunya partai politik di Kepri yang mampu mencalonkan kadernya maju Pilgub tanpa harus berkoalisi dengan partai lain.

"Kalau boleh membanggakan diri sedikit, di Provinsi Kepri ini hanya PDIP lah yang bisa mencalonkan kadernya tanpa berkoalisi dengan partai lain," tutupnya.

Editor: Dodo