Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Batam Masih Jadi Primadona Para Pencari Kerja
Oleh : Irwan Hirzal
Jum'at | 09-01-2015 | 16:12 WIB
Zarefriadi_Kadisnaker.jpg Honda-Batam
Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Batam, Zarefriadi.

BATAMTODAY.COM, Batam - Kota Batam masih tetap menjadi primadona bagi para pencari kerja. Sepanjang tahun 2014 dari data yang dimiliki Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Batam, ada 21.913 orang pencari kerja dan jumlah ini cukup fantastis.

"Hingga kini Batam masih tetap menjadi tujuan para pencari kerja dikaernakan pencaker yang datang itu bukan hanya dari wilayah Kepri melainkan juga dari berbagai daerah di Indonesia," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Batam, Zarefriadi, Jumat (9/1/2015).

Tingginya angka pencari kerja di Batam, namun tidak seimbang dengan yang diterima bekerja di beberapa perusahaan, industri dan lain-lain. Karena kurang dari 50 persen yang diterima bekerja dari hitung-hitungan Disnaker, hanya 8.577 orang yang diterima bekerja di beberapa perusahaan di Batam, sedangkan 13.336 orang menjadi pengangguran. 

"Dari catatan yang kami dapat, hanya 39 persen yang diterima bekerja di beberapa perusahaaan dan industri di Batam," ujarnya.

Ia mengatakan kalau 8.577 orang tersebut di beberapa tempat, namun terkonsentrasi di daerah pusat Industri Muka Kuning, kawasan Industri Kabil, perkapalan yang bergerak di bidang galangan, lalu di pusat industri Batam Center. 

Walau hanya 39 persen yang diterima bekerja di Batam, namun minat pencari kerja datang ke Batam tidak pernah surut. "Tapi walaupun Batam pusatnya industri dan banyaknya lowongan pekerjaan, tapi kalau terus diserbu pencari kerja maka makin banyaklah pengangguran di Batam, dan menambah permasalahan," pungkasnya.

Editor: Dodo