Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

BLH Lingga Fokuskan Pembenahan Lingkungan dan Normalisasi Sungai
Oleh : Nurjali
Selasa | 06-01-2015 | 14:00 WIB
Kadisbudpar_Lingga_Drs.Junaidi.jpg Honda-Batam
Junaidi Adjam, Kepala BLH Lingga.

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Lingga akan melakukan normalisasi sungai pada tahun 2015 ini, hal ini dilakukan untuk menjaga kebersihan sungai, agar bencana alam seperti banjir dan kebersihan lingkungan di wilayah tersebut dapat terjaga. 

"Target kita di tahun 2015 ini, akan menyesuaikan dengan pagu anggaran yang ada, dan fokus pada pembenahan untuk tetap menjaga kelestarian lingkungan di Kabupaten lingga," kata Junaidi Adjam, Kepala BLH Lingga, Selasa (6/1/2015). 

Selain melakukan normalisasi sungai, BLH Lingga juga akan menyiapkan tempat - tempat pembuangan sampah atau tong sampah untuk di wilayah Daik Lingga, Pancur dan Dabosingkep.

"Intinya kita akan fokus untuk keindahan dan keasrian lingkuan di ibukota, dan beberapa wilayah perkotaan di Lingga seperti Dabosingkep," kata Junaidi. 

Dari pantauan, sungai-sungai di wilayah perkotaan Lingga seperti kawasan pasar, saat ini memang banyak menjadi tempat pembuangan sampah oleh masyarakat. Salah satunya adalah di lokasi Pasar Dabosingkep dan pasar di Daik. 

Di sungai dekat Pasar Dabosingkep, terlihat para pedangang dengan mudah membuang sampah dagangannya yang tidak lagi laku terjual ke sungai karena jaraknya sangat dekat.

Minimnya kesadaran masyarakat ini, membuat sungai tersebut menjadi dangkal dan rawan terjadi luapan air atau banjir saat curah hujan tinggi.

Editor: Dodo