Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Mercedez Mulai Prioritaskan Pasar di Tiongkok
Oleh : Redaksi
Senin | 05-01-2015 | 14:04 WIB
mercy_delar_di_tiongkok.png Honda-Batam
Dealer resmi Mercedez-Benz di Tiongkok. (Foto: ist)

BATAMTODAY.COM - MERCEDEZ-Benz kini mengincar Tiongkok sebagai pasar potensial untuk mengejar BMW dan Audi. Bahkan, Mercedez akan memprioritaskan peluncuran mobil-mobil terbarunya di Tiongkok dibanding di Eropa dan Amerika Serikat.

Seperti ditulis Automotive News, automaker asal Jerman itu juga memperkuat tim research and development (R&D) lokal sebagai dalam upaya untuk mempersempit kesenjangan dengan rivalnya, Audi dan BMW, di pasar mobil terbesar di dunia itu.

Jika diukur dari penjualan kendaraan secara global, Mercedes adalah yang terkecil dari tiga merek premium yang dominan di Jerman, terutama karena posisinya lebih lemah di Tiongkok. Jaringan penjualan Mercedez di Tiongkokg juga jauh lebih sedikit dibanding para pesaingnya itu dan kurangnya perakitan crossover kompak di tingkat lokal.

"Di masa lalu, Tiongkok bukan bagian dari tahap pertama peluncuran (untuk produk baru), itu yang mungkin sebagai alasan mengapa kami sedikit di belakang," kata Thomas Weber, Kepala Pengembangan Mercedes kepada Automotive News Eropa selama pembukaan studio desain canggih di distrik Haidian Beijing.

"Mengapa tidak menjadi yang pertama di beberapa titik? Itulah tren dalam pandangan saya, dan itu tidak bisa terjadi tanpa investasi besar-besaran dalam R&D," katanya. (*)

Editor: Roelan