Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hindari Tabrakan, Volvo Kembangkan Teknologi 'Vehicle-to-Vehicle'
Oleh : Redaksi
Senin | 05-01-2015 | 09:39 WIB
Volvo_ped_detect2.jpg Honda-Batam
Ilustrasi: net

BATAMTODAY.COM - VOLVO telah mengembangkan teknologi dengan nama safety city system yang secara otomatis mobil akan mengerem jika mendeteksi potensi tabrakan dengan pengendara sepeda ataupun sepeda motor. Teknologi keamanan terbarunya ini ditunjukkan pada ajang Consumer Electronics Show.

Seperti dilansir AutoBlog, tekenologi ini menerapkan sistem vehicle-to-vehicle (VTV) untuk memperingatkan sopir dan pengendara sepeda mengenai tabrakan yang bakal terjadi.

Teknologi tersebut dikembangkan besama POC, pembuat peralatan keselamatan untuk atlet olahraga gravitasi, dan Ericsson.

Seorang pengendara sepeda dapat menggunakan program seperti Strava, aplikasi smartphone yang mencatat aktivitas olahraga dan melacak lokasinya, yang diteruskan ke server (cloud) Volvo. Jika cloud mendeteksi mengenai potensi kecelakaan, pengendara sepeda diberitahukan oleh lampu yang berkedip di helm prototipe POC sementara sopir Volvo diberitahu melalui layar peringatan di dashboard-nya.

Melalui teknologi ini diharapkan angka kecelakaan pengendara sepeda di jalan dapat dikurangi. Karena data menunjukkan bahwa 50 persen dari kematian pengendara sepeda di Eropa akibat bertabrakan dengan mobil, dan ada hampir 50.000 korban jiwa pengendara sepeda dan luka-luka di AS setiap tahun, 69 persen dari mereka yang terjadi di daerah perkotaan dan biaya ekonomi AS lebih dari $4 miliar. (*)

Editor: Roelan