Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Basarnas dan TNI AU Cari Pesawat Air Asia di Sekitar Pulau Belitung
Oleh : Redaksi
Minggu | 28-12-2014 | 14:20 WIB

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Badan SAR Nasional (Basarnas) Provinsi Bangka Belitung menerjunkan satu unit kapal guna mencari keberadaan pesawat AirAsia QZ8501, yang hilang kontak, yang diduga di sekitar perairan Belitung Timur.


"Kami mendapatkan informasi dari  Basarnas pusat, telah terjadi hilang kontak pesawat Aire Asia pada pukul 06.17 WIB, di sekitar perairan Bangka Belitung. Maka dari itu kami menerjunkan satu unit kapal bersama 22 anggota.

untuk mengecek informasi tersebut," kata Petugas Informasi Basarnas Babel, Febi Imam Saputra, di Pangkalpinang, Minggu, (28/12/2014).

Ia mengatakan, pesawat jenis Air Bus 320 dari Surabaya menuju Singapura, diduga hilang kontak pada koordinat 03 derajat 22 menit, 46 detik sera dan 108 derajat, 50 menit 07 detik nicho. "Kalau melihat dari peta, koordinat kemungkinan sekitar 20 mil laut dari Belitung Timur," imbuhnya.

Ia menjelaskan, pencarian pesawat juga dilakukan dengan TNI Angkatan Laut dan Polairud Babel. "Tiga kapal yang mencari, TNI AL satu kapal dan polairud satu kapal," terangnya.

Mengenai dugaan pesawat tersebut terjatuh pada koordinat tersebut, kata dia, belum dapat dipastikan karena terlebih dahulu dilakukan pengecekan di koordinat yang diinformasikan Basarnas Pusat.

Sementara itu, TNI AU ikut juga mencari keberadaan pesawat AirAsia tujuan Surabaya-Singapura dengan nomor penerbangan QZ8501 yang dikabarkan hilang kontak.

"Pada hari ini juga kami mengirimkan pesawat Boeing 737 surveilance ke daerah sekitar lokasi untuk melakukan pencarian," ujar Kadipenau Marsma Hadi Tjahjanto di Jakarta. 

Mereka telah memiliki tim yang nantinya bertugas untuk mencari keberadaan pesawat yang telah hilang kontak tersebut. "Tim pencari terdiri atas 17 orang yang terdiri atas tim outing dan tim pemantau radar," pungkasnya.

Editor: Surya